Tak Ingin <i>Chat</i> WhatsApp Hilang Saat Ganti Ponsel Baru, Lakukan Cara Ini
Tak Ingin Chat WhatsApp Hilang Saat Ganti Ponsel Baru, Lakukan Cara Ini (Pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Saat membeli ponsel baru, salah satu yang diperhitungkan oleh pengguna adalah memindahkan akun WhatsApp. Pasalnya, aplikasi pesan instan tersebut menjadi salah satu yang paling banyak digunakan.

Namun, saat pengguna memindahkan akun dari ponsel lama ke perangkat yang baru, riwayat percakapan di WhatsApp akan terhapus. Hal itu pun membuat Anda menjadi repot apabila memiliki pesan yang penting.

Oleh karena itu, supaya chat di WhatsApp Anda tidak hilang saat memindahkannya ke perangkat baru, pengguna dapat dapat melakukan bcakup dan restore chat terlebih dahulu.

Caranya cukup mudah meskipun membutuhkan waktu untuk melakukannya. Namun, hal itu bisa membantu pengguna untuk memindahkan isi chat yang ada di smartphone lama saat dipindah ke perangkat baru.

Jika Anda ingin melakukan backup dan restore chat saat memindahkan akun WhatsApp, pengguna dapat mengikuti langkah-langkah yang telah disusun oleh tim VOI di bawah ini.

Cara Backup Chat WhatsAPp

Untuk membackup chat Anda, pengguna dapat membuka aplikasi WhatsApp sebelum memindahkannya, kemudian ikon klik titik tiga vertikal yang ada di pojok kanan atas.

Setelah itu pilih menu "Setting" atau pengaturan, kemudian pilih menu "Chat". Klik kolom "Chat Backup", dan pilih "Back up to Google Drive" untu mencadangkannya.

Pilih kapan saja Anda ingin mencadangkan chat ke Google Drive. Ada sejumlah pilihan, yakni setiap hari, seminggu sekali, sebulan sekali, tidak pernah, atau hanya saat ingin mendangkan saja.

Selanjutnya, pilih akun Google Drive yang ingin digunakan untuk menyimpan riwayat chat WhatsAPp Anda. Pengguna juga bisa menambahkan alamat email apabila belum memiliki akun Google Drive yang tertaut di perangkat tersebut.

Setelah itu pilih "back up over" untuk memilih koneksi yang digunakan untuk mencadangkan chat. Anda dapat menggunakan WiFi atau paket data untuk mencadangkan pesan. Pengguna juga akan diberikan pilihan apakah ingin mencadangkan video atau tidak, bila ada file video.

Jika sudah sesuai dengan yang Anda butuhkan, klik "Back Up", maka chat akan tersimpan. Setelah itu, Anda dapat menginstal aplikasi WhatsApp di perangkat baru Anda, dan mulai Restore Chat.

Restore Chat WhatsApp

Setelah melakukan pencadangan chat WhatsApp atau backup, pengguna dapat merestore riwayat pesan Anda. Caranya, buka aplikasi WhatsApp di perangkat baru Anda dan masuk menggunakan nomor yang sebelumnya digunakan.

Ikuti langkah verifikasi, dan berikan izin akses yang dibutuhkan oleh WhatsApp. Setelah selesai, WhatsApp akan menampilkan notifikasi bahwa ada backup yang bisa diunduh. Pengguna pun dapat memilik tombol "Restore" yang muncul untuk mengembalikan riwayat chat Anda.

Tunggu hingga proses selesai, dan riwayat pesasn Anda akan muncul kembali di aplikasi WhatsApp yang saat ini sudah ada di perangkat baru Anda.

Demikian adalah cara yang dapat Anda lakukan supaya riwayat chat WhatsApp Anda tidak hilang saat memindah akun WhatsApp Anda ke perangkat lain.