Nomor yang Dipakai untuk Daftar TikTok Tidak Aktif Lagi? Login Akun dengan Cara Ini!
Nomor yang Dipakai untuk Daftar TikTok Tidak Aktif Lagi, Login Akun dengan Cara Ini! (Pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Banyak pengguna platform video pendek TikTok menggunakan nomor telepon saat mendaftar akun baru. Hal itu dapat berdampak pada akun pengguna apabila nomor yang digunakan untuk mendaftar dikemudian hari terblokir atau sudah tidak bisa digunakan lagi.

Nomor telepon berfungsi untuk melakukan verifikasi akun ketika Anda masuk ke aplikasi TikTok menggunakan perangkat baru. Oleh karena itu, jika nomor Anda tidak aktif lagi, proses tersebut tidak dapat dilakukan.

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ada cara lain untuk melakukan verifikasi selain menggunakan nomor telepon, yakni dengan alamat email. Untuk melakukannya, pengguna harus mendaftarkan alamat email yang akan digunakan untuk verifikasi ke akun TikTok Anda.

Oleh karena itu, sebelum Anda log out akun TikTok di perangkat lama, pastikan Anda sudah menambahkan alamat email yang bisa digunakan untuk verifikasi akun Anda supaya tidak memiliki masalah di kemudian hari.

Jika Anda ingin melakukannya, di bawah ini tim VOI telah menyusun langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk menambahkan alamat email sebagai metode yang dapat Anda gunakan untuk verifikasi akun TikTok.

Cara Menambahkan Alamat Email Sebagai Metode Verifikasi TikTok

Untuk menambahkan alamat email di akun TikTok Anda, pengguna dapat membuka aplikasi TikTok yang ada di perangkat Anda. Pengguna dapat masuk secara otomatis jika sudah memiliki akun dan pernah login di aplikasi tersebut.

Selanjutnya, klik menu dengan ikon hamburger yang ada di layar smartphone Anda dan pilih menu Manage Account.

Pada menu tersebut akan muncul ikon email. Klik ikon tersebut untuk memasukkan email Anda. Masukkan alamat email yang ingin Anda tautkan ke akun TikTok Anda.

Setelah itu, klik ikon send code untuk mengirimkan kode verifikasi ke alamat email yang Anda tautkan. Jika Anda sudah menerima email dari pihak TikTok, maka pengguna dapat melanjutkan proses selanjutnya.

Salin kode verifikasi yang Anda dapatkan dan tempel ke kolom verifikasi yang ada di aplikasi TikTok. Jika sudah, pengguna dapat kembali ke halaman manage account.

Klik menu Password, dan klik menu use email. Masukkan email yang baru saja Anda tambahkan sebagai metode untuk verifikasi akun, serta password TikTok Anda.

Pilih send code untuk melanjutkan untuk melanjutkan proses. Pengguna dapat mengikuti petunjuk selanjutnya untuk mengganti password sesuai dengan aturan dari TikTok.

Selanjutnya, saat membuka akun TikTok Anda di perangkat baru, pengguna dapat melakukan verifikasi menggunakan alamat email yang Anda daftarkan supaya TikTok dapat memastikan bahwa upaya login tersebut dilakukan oleh Anda.

Demikian adalah cara untuk melakukan verifikasi akun TikTok menggunakan alamat email ketika nomor telepon yang Anda gunakan untuk mendaftar akun TikTok sudah tidak aktif atau tidak bisa digunakan.