Begini Cara Melindungi Akun TikTok dari Pembajakan
Cara melindungi akun TikTok dari pembajakan (ABC News)

Bagikan:

JAKARTA - TikTok merupakan salah satu aplikasi video pendek yang sangat populer. Selain untuk hiburan, pengguna juga bisa menghasilkan uang dari TikTok karena sudah dimonetisasi. Video-video yang diunggah pengguna juga bisa berpotensi disalahgunakan, maka dibutuhkan cara melindungi akun TikTok.

Tidak sedikit pengguna yang merasa khawatir jika konten videonya disalahgunakan dan dieksploitasi. Potensi pembajakan akun juga sangat besar. Untuk mengantisipasi hal itu, TikTok memberi keamanan bagi pengunanya untuk mengantisipasi hal tersebut. Berikut cara melindungi akun TikTok dari pembajakan:

1. Kelola Akun

Ketika mendaftar TikTok, pengguna bisa mendaftar dengan cara menggunakan nomor telepon atau email. Cara melindungi akun TikTok dari pembajakan ini cukup mudah, pasalnya TikTok menghadirkan sistem keamanan sendiri untuk kenyamanan pengguna yang ada di menu Kelola Akun.

Berikut cara melindungi akun TikTok dari pembajakan:

  • Ketuk titik tiga di bagian atas kanan
  • Lalu tekan opsi “Kelola akun”
  • Kemudian tekan “Kata Sandi”
  • Buatlah sandi untuk melindungi akun Anda. Setelah itu Anda akan menerima pesan teks untuk melakukan otentikasi penambahan kata sandi.

2. Manfaatkan Fitur Privasi dan Keamanan

Pengaturan ini berfungsi untuk mengelola izin dan akses akun Anda. Ketika pertama kali membuat akun TikTok, secara otomatis akun Anda akan bersifat “Publik”. Pengguna bisa mengubahnya menjadi “Privat”. Berikut ini cara mengubah akun TikTok menjadi akun Privat:

  • Tekan titik tiga di pojok kanan atas untuk masuk ke fitur pengaturan dan privasi
  • Ketuk tulisan “Privasi”, lalu geser ke kanan lingkaran yang ada di samping menu “Akun privat”.

Di menu privasi ini pengguna juga bisa mematikan sejumlah fitur “Sarankan akun Anda kepada orang lain.” TikTok juga memberikan opsi keamanan lain kepada pengguna.

Kini, spam atau pesan kasar yang muncul dari troll akan dibatasi oleh daftar kontakmu. Untuk membatasi pesan-pesan yang tidak diinginkan, nonaktifkan pesan langsung.

Pengguna juga bisa memberi izin apakah bisa berduet dengan pengguna lain atau tidak, jika tidak ingin, maka nonaktifkan atau batasi hanya untuk teman-teman saja. Di pengaturan Privasi ini pengguna bisa mengizinkan orang lain melihat apa yang pengguna sukai atau tidak. Selain itu, Anda juga bisa membatasi komentar, pengguna mana saja yang diizinkan memberi komentar.

3. Verifikasi 2 Langkah

Cara melindungi akun TikTok pengguna yaitu dengan mengaktifkan fitur verifikasi 2 langkah. Fitur ini berfungsi untuk memverifikasi yang akan login ke akun milik pengguna. Berikut cara mengaktifkan verifikasi dua langkah di TikTok:

  • Tekan titik tiga di pojok kanan atas
  • Ketuk menu “Keamanan”
  • Aktifkan verifikasi 2 langkah dengan menggeser lingkaran putih ke sebelah kanan.

Pengguna akan mendapat pesan SMS setiap kali ada yang login ke akunnya. Nah, inilah yang akan membuat pengguna TikTok terhindar dari pembajakan. Demikian cara melindungi akun TikTok dari pembajakan.