Simak Cara Ini Agar Akun Anda Tetap Aktif dan Tidak Dihapus Google
Cara membuat akun Google tetap aktif (foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Baru-baru ini Google mengumumkan bahwa mereka akan mulai menghapus akun yang tidak aktif selama 2 tahun demi melindungi pengguna dari ancaman keamanan, seperti spam, penipuan phishing, dan pembajakan akun

Google juga berencana untuk mengirimkan beberapa pemberitahuan peringatan kepada pengguna dan melakukan pembersihan akun yang tidak aktif secara bertahap nanti.

Jika Anda merasa memiliki banyak akun, tetapi jarang atau bahkan tidak pernah menggunakannya, akun tersebut mungkin akan dihapus dalam jangka waktu dua tahun. 

Tapi, jika Anda tidak ingin akun tersebut dihapus oleh Google, Anda bisa melakukan beberapa cara berikut ini, agar akun Anda tetap aktif. 

Cara Membuat Akun Tetap Aktif

Cara termudah untuk menjaga agar Akun Google tetap aktif adalah dengan masuk setidaknya setiap 2 tahun sekali. Jika Anda telah masuk ke Akun Google Anda atau salah satu layanan Google lainnya baru-baru ini, maka akun Anda dianggap aktif dan tidak akan dihapus. 

Adapun beberapa aktivitas yang mungkin akan membantu Anda agar akun Anda tetap aktif adalah sebagai berikut:

  • Membaca atau mengirim email
  • Menggunakan Google Drive
  • Menonton video YouTube
  • Mengunduh aplikasi di Google Play Store
  • Menggunakan Google Penelusuran
  • Menggunakan Masuk dengan Google untuk masuk ke aplikasi atau layanan pihak ketiga

"Jika Anda sudah menyiapkan langganan melalui Akun Google Anda, misalnya ke Google One, publikasi berita, atau aplikasi, kami juga mempertimbangkan aktivitas akun ini dan akun Anda tidak akan terpengaruh. Selain itu, saat ini kami tidak memiliki rencana untuk menghapus akun dengan video YouTube," kata Google dalam pengumumannya.