Cara Menghapus Akun Gmail 2023: Gaperlu Panik Lagi Deh!
Cara Menghapus Akun Gmail (foto: dok. Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Apakah sudah waktunya untuk menghapus akun Gmail Anda? Jika Anda lebih suka layanan email yang berbeda atau ingin menghapus nama pengguna memalukan yang Anda buat bertahun-tahun lalu, mudah untuk beralih dari akun Anda. Yuk cari tahu gimana cara menghapus akun Gmail….

Menghapus akun Gmail bersifat permanen. Setelah melalui proses tersebut, semua email dan pengaturan akun Anda akan dihapus. Anda tidak lagi dapat menggunakan alamat Gmail Anda untuk mengirim atau menerima email, dan alamat tersebut tidak akan tersedia untuk digunakan orang lain di masa mendatang.

Namun, menghapus akun Gmail tidak menghapus seluruh Akun Google yang terkait dengan alamat email. Anda akan tetap memiliki akses ke semua layanan Akun Google lainnya, seperti Google Drive, kalender Anda, Google Play, dan lainnya. Gmail akan meminta Anda memberikan alamat email alternatif yang akan digunakan untuk masuk ke Akun Google di masa mendatang. Anda juga dapat menghapus riwayat Google Chrome Anda.

Contoh gambar Gmail (Unsplash)
Contoh gambar Gmail (Unsplash)

Cara Menghapus Akun Gmail

  1. Buka Akun Google Anda.
  2. Di sebelah kiri, klik “Data & privasi”.
  3. Gulir ke "Data dari aplikasi dan layanan yang Anda gunakan".
  4. Di bagian "Unduh atau hapus data Anda", klik Hapus layanan Google.
  5. Masukkan kata sandi Anda.
  6. Di sebelah "Gmail", klik tombol tempat sampah.

Kelola Gmail Anda

  1. Masukkan alamat email yang ada yang ingin Anda gunakan untuk masuk ke layanan Google dan klik "Kirim email verifikasi". Anda tidak dapat menggunakan alamat Gmail lain.
  2. Buka email dari Google dan klik tautan untuk menghapus akun Anda.
  3. Saat diminta, pilih: "Yes, I want to delete my Gmail account."
  4. Klik "Hapus Gmail" lalu "Selesai".

Menurut Bantuan Akun Google, "Jika Anda menggunakan Gmail melalui kantor, sekolah, atau grup lain, hubungi administrator Anda." Administrator akun adalah satu-satunya yang dapat menghapus akun Gmail.

Menurut Bantuan Akun Google, "Jika Anda menggunakan Gmail melalui kantor, sekolah, atau grup lain, hubungi administrator Anda." Administrator akun adalah satu-satunya yang dapat menghapus akun Gmail.

Google tidak menentukan berapa lama menunggu untuk benar-benar menghapus informasi Anda setelah Anda mengajukan permintaan. Jika Anda berubah pikiran, ada kemungkinan Anda dapat memulihkan alamat Gmail dan email Anda.

Jika Anda ingin menghapus seluruh Akun Google, bukan hanya alamat email, ada serangkaian langkah lain yang harus Anda lalui.

Cara menghapus Akun Google

  1. Ikuti langkah 1-3 di atas.
  2. Gulir ke "Opsi data dan privasi Anda".
  3. Pilih "Opsi lainnya", lalu "Hapus akun Google Anda".

Menghapus seluruh Akun Google berarti konten di akun Google Drive, Google Kalender, dan Google Foto Anda akan hilang dan Anda tidak lagi memiliki akses ke langganan yang dibeli di YouTube atau Google Play dengan akun tersebut (seperti aplikasi, film, game, musik dan acara TV). Jika ada browser Google Chrome yang disinkronkan dengan Akun Google yang dihapus, informasi browser, termasuk bookmark, juga akan dihapus.

Jadi setelah mengetahui cara menghapus akun Gmail, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!