Lacak Smartphone Bisa Dilakukan Menggunakan Akun Gmail, Begini Caranya
Lacak Smartphone Bisa Dilakukan Menggunakan Akun Gmail, Begini Caranya (Pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Saat ini ada banyak aplikasi pihak ketiga yang menyediakan fitur pelacak perangkat smartphone. Namun, hal tersebut akan meminta pengguna untuk memasukkan data pribadi yang bisa saja bocor.

Jika Anda menggunakan ponsel iPhone atau perangkat Apple lainnya, pengguna dapat memakai fitur pelacak yang disediakan oleh Apple. Tapi, di perangkat Android fitur tersebut tidak tersedia.

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena pengguna tetap bisa melacak ponsel tertentu menggunakan akun gmail. Caranya pun sangat mudah dan bisa dilakukan menggunakan berbagai jenis smartphone.

Pengguna pun dapat melacak lokasi smartphone saat Anda lupa meletakkannya, terselip, atau bahkan hilang. Dengan demikian, pengguna tidak perlu panik apabila kehilangan smartphone Anda.

Akan tetapi, tidak semua pengguna mengetahui cara untuk melacak smartphone menggunakan gmail. Oleh karenanya, di bawah ini telah merangkum langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk melacak posisi smartphone menggunakan gmail.

Cara Melacak Smartphone Menggunakan Gmail

Apabila smartphone Anda hilang atau lupa menaruhnya, pengguna dapat mencarinya menggunakan gmail dengan membuka aplikasi peramban seperti Google Chrome di perangkat lain. Anda dapat menggunakan smartphone maupun komputer untuk melacak ponsel Ana.

Selanjutnya, buka situs google.com/android/devicemanager jika menggunakan hp atau https://www.google.com/android/find jika Anda membuka peramban menggunakan komputer.

Masuk ke akun gmail dengan memasukkan alamat email dan password yang terhubung dengan perangkat tersebut. Selanjutnya, Google akan melacak lokasi hp yang terhubung dengan akun gmail yang Anda masukkan.

Setelah itu, pada layar smartphone Anda akan muncul gambar peta atau maps yang memberi perkiraan titik lokasi ponsel Anda. Sebagai catatan, titik yang diberikan merupakan perkiraan sehingga Anda harus mencari di area sekitar titik tersebut.

Selain itu, akan muncul tipe ponsel yang terhubung dengan akun gmail yang Anda daftarkan. Oleh karenanya, ada kemungkinan beberapa titik yang muncul apabila akun gmail tersebut digunakan di sejumlah perangkat.

Sementara itu, pada ponsel yang Anda cari akan mendapatkan notifikasi pada layar. Hal tersebut untuk mengantisipasi jika smartphone Anda sudah ditemukan oleh orang lain.

Itu tadi cara yang dapat Anda lakukan untuk melacak lokasi smartphone menggunakan akun gmail. Pengguna dapat melakukan langkah-langkah di atas untuk mengetahui lokasi ponsel Anda, hingga ponsel orang terdekat untuk mengetahui lokasinya.

Sebagai catatan pelacakan lokasi smartphone menggunakan gmail di atas hanya bisa dilakukan jika perangkat yang Anda cari mengaktifkan fitur lokasi atau GPS dan tersambung ke jaringan internet.