Bagikan:

YOGYAKARTA - Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melacak lokasi nomor hp seseorang. Tips ini sangat berguna ketika Anda ingin mengetahui lokasi orang lain, misalnya teman, keluarga, maupun pasangan. Selain itu, hal ini juga membantu ketika mencari lokasi ponsel yang hilang atau terjatuh. 

Berkat perkembangan teknologi, kini Anda bisa melacak lokasi seseorang secara lebih mudah. Untuk bisa melakukan pelacakan lokasi, salah satu syaratnya ialah harus mengetahui nomor ponsel orang yang ditarget. Hanya bermodalkan nomor hp, Anda dapat mengecek lokasi keberadaan orang yang dicari. 

Selama ini umumnya orang-orang melakukan tracking menggunakan akun Gmail atau Google. Jika ingin lebih praktis, ada beberapa cara cek lokasi seseorang dengan nomor HP. Namun pastikan hal ini dilakukan untuk tujuan kebaikan, sebab melacak lokasi orang asing yang tidak punya kepentingan termasuk tindakan pelanggaran privasi. 

Cara Cek Lokasi Nomor HP Seseorang

Nomor ponsel seseorang bisa digunakan untuk melacak lokasi seseorang yang ingin dicari. Anda bisa mengetahui keberadaan orang yang Anda target atau ingin dilacak lokasinya cukup dengan memakai nomor hpnya. Namun ada beberapa langkah yang perlu Anda lakukan untuk mendapatkan hasilnya. 

Berikut ini cara melacak lokasi seseorang dengan nomor HP yang perlu Anda ingat dan bisa Anda praktikkan:

Melacak Lokasi Seseorang Melalui WhatsApp Web

Anda bisa memanfaatkan platform WhatsApp web untuk melacak lokasi seseorang dengan nomor HP. Langkah ini hanya bisa dilakukan melalui laptop atau PC. Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka pesan terakhir dari orang yang ingin Anda lacak lokasinya, kemudian tekan Ctrl+Alt+Del secara bersamaan atau masuk ke “Task Manager”.
  2. Tekan Windows+R setelah Task Manager.
  3. Lalu ketikan cmd, kemudian tekan “Enter”.
  4. Jika sudah memasuki command prompt, ketik ‘netstat’ dan tekan “enter”.
  5. Catat atau simpan alamat IP yang tercantum pada command prompt tersebut.
  6. Anda tinggal tracking lokasi orang yang ingin dicari dengan membuka laman www.ip-adress.com/ip_tracer/. Kemudian masukkan alamat IP yang sudah Anda dapatkan sebelumnya.

Melacak Lokasi Seseorang Menggunakan GPS

GPS yang ada di smartphone bisa Anda gunakan untuk mengetahui lokasi seseorang lewat nomor hp. Anda bisa memanfaatkan fitur tersebut tanpa memerlukan aplikasi tambahan. Namun langkah ini hanya bisa dilakukan jika GPS pada ponsel yang ingin Anda lacak dalam kondisi aktif atau menyala.

Berikut ini langkah-langkah melacak lokasi seseorang dengan nomor HP dari GPS:

  1. Silakan buka browser dan ketik www.SAT-GPS-Tracker.com
  2. Klik menu 'track a phone number here'.
  3. Kemudian Anda harus memasukkan negara tempat no HP yang ingin Anda ketahui keberadaannya. Misalnya Indonesia, masukkan kode +62 untuk nomor telepon.
  4. Ketik nomor HP yang ingin Anda lacak tanpa menuliskan nol (0) di angka paling depan.
  5. Lalu klik 'to search'.

Melacak Lokasi Seseorang Pakai Satelit 

Metode pelacakan yang satu ini mengharuskan kamu membuka aplikasi Google Maps di ponsel orang atau perangkat yang ingin Anda lacak keberadaannya. Berikut ini langkah-langkah melacak lokasi seseorang melalui satelit GMaps:

  1. Silakan membuka aplikasi Google Maps yang ada di ponsel yang ditargetkan.
  2. Kemudian klik tombol menu
  3. Selanjutnya pilih menu lokasi, lalu masuk ke laman bagikan lokasi dan klik mulai
  4. Terdapat opsi waktu berbagi lokasi mulai dari "Selama 1 Jam" atau "Hingga dinonaktifkan". Pilih atau klik Lainnya
  5. Masukkan nomor atau alamat email Anda yang ingin dipakai buat melacak HP target. Kemudian klik kirim.

Melacak Lokasi Seseorang Lewat Operator

Anda juga bisa melacak lokasi seseorang menggunakan operator, baik itu Telkomsel, Indosat, atau XL. Berikut ini langkah-langkah untuk melakukan cara ini:

  • Telkomsel. Silakan buka menu panggilan dan ketikkan *250#. Akan muncul tampilan "Lihat/Edit daftar teman", kemudian masukkan nomor HP yang Anda ingin lacak lokasinya. Selain itu, Anda juga bisa mengirim SMS ke 5200 dengan format "Teman Nama Nomor".
  • Indosat: Silakan ketikkan *777*6*6#, kemudian pilih menu lokasi keluarga. Selain itu, Anda juga dapat mengirim SMS ke nomor 9111 dengan isi format "CARI NoHP".
  • XL: Silakan ketikkan kode dial up *123*573*1#, kemudian pilih menu Lokasi Keluarga. Anda juga dapat kirim SMS ke 9111 berisi format CARI NoHP

Melacak Lokasi Seseorang Menggunakan Email

Metode lainnya yang bisa Anda lakukan untuk melacak lokasi seseorang adalah menggunakan email. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk melacak lokasi melalui alamat email. 

  1. Silakan login ke akun Gmail yang ada di ponsel melalaui laptop atau PC.
  2. Klik ikon titik sembilan yang terdapat di bagian kanan atas.
  3. Pilih opsi Akun, kemudian klik menu Keamanan.
  4. Perhatikan informasi tentang perangkat yang memiliki akses Gmail Anda.
  5. Selanjutnya pilih ponsel yang hilang untuk melacaknya.
  6. Klik tombol Detail selengkapnya.
  7. Lalu klik opsi menu Cari perangkat.
  8. Anda akan diarahkan ke fitur layanan Find My Device.
  9. Lokasi terakhir ponsel akan ditampilkan.

Melacak Lokasi Seseorang dengan Geofind

Cara untuk mengecek lokasi seseorang juga dapat Anda lakukan lewat situs web Geofind. Berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda ikuti untuk melacak lokasi dari Geofind:

  1. Akses laman www.geofind-id.com 
  2. Silakan memilih negara dan masukkan nomor hp yang ingin dilacak lokasinya
  3. Masukkan email Anda dan beri persetujuan pada "Syarat dan Ketentuan Umum"
  4. Masukkan nomor kredit dan melengkapi data lainnya yang dibutuhkan
  5. Anda bisa memakai layanan masa trial untuk pengguna awal dan pelajari cara membatalkannya untuk berhenti langganan

Cara Melacak Lokasi Seseorang Lewat Aplikasi

Terdapat beberapa aplikasi yang bisa Anda manfaatkan untuk melacak lokasi seseorang. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk melacak lokasi sesorang lewat aplikasi:

Melalui HRL Lookup

Cara lainnya untuk mengetahui lokasi seseorang lewat nomor HP bisa Anda lakukan dengan aplikasi HRL Lookup. Aplikasi ini bisa Anda unduh di Playstore secara gratis. Ikuti langkah-langkah ini untuk mencari tahu keberadaan orang lewat nomor HP dengan HRL Lookup:

  1. Silakan buka aplikasi HRL Lookup yang sudah diunduh di ponsel Anda.
  2. Perhatikan kolom yang tersedia. Kemudian Masukkan Nomor HP, lalu tap Check.
  3. Akan ditampilkan data-data dari nomor HP yang Anda masukkan.
  4. Data tersebut meliputi informasi kota, negara, provider, dan lainnya.

Namun perlu dicatat bahwa informasi yang disajikan oleh HRL (Home Location Register) bukan lokasi tepat atau spesifik di mana posisi nomor HP saat ini berada. Aplikasi ini memberi tahu Anda di mana kartu provider tersebut didaftarkan pada area tertentu.

Menggunakan Find My

Tips selanjutnya untuk melacak lokasi seseorang dengan nomor HP bisa Anda lakukan melalui fitur Find My Device. Fitur ini oleh Google untuk mencari perangkat Android. Namun untuk bisa menggunakan fitur ini, perangkat atau ponsel berisi nomor HP yang Anda cari harus dalam kondisi menyala: internet aktif, GPS menyala, dan terhubung ke akun Google.

Cara melacak lokasi seseorang dengan Find My sangatlah mudah. Anda dapat menyalakan fitur ini di android dengan langkah: masuk ke setting -> security -> Find My Device. Kemudian masuk ke situs andorid.com/find dan temukan perangkat yang ingin dilacak. Google akan memberikan tampilan maps pada layar ponsel Anda untuk menunjukkan posisi perangkat secara real time.

Tracky: Location Tracker

Cara lain untuk melacak seseorang melalui nomor ponsel adalah dengan menggunakan aplikasi Tracky: Location Tracker. Aplikasi ini memungkinkan kita tetap terkoneksi dengan seluruh keluarga melalui pelacak GPS. Fitur unggulannya mencakup kemampuan berbagi lokasi terkini, notifikasi perjalanan, peta interaktif, dan pengaturan area aman.

Family360-GPS Live Locator

Family360 adalah aplikasi untuk melacak lokasi keluarga. Dengan teknologi GPS modern, aplikasi ini memungkinkan orang tua memantau keberadaan anak-anak mereka. Tanpa perlu mengirim pesan singkat atau menelepon untuk mengetahui lokasi terkini anak, orang tua dapat memeriksanya langsung melalui peta interaktif di aplikasi Family360.

iSharing: GPS Location Tracker

Cara lain untuk melacak seseorang melalui nomor ponsel adalah dengan menggunakan aplikasi iSharing. Aplikasi ini memungkinkan kamu melihat lokasi terbaru setiap anggota keluarga dan teman melalui peta interaktif. Aktivitas perjalanan juga dapat dilacak dengan fitur riwayat lokasi selama 90 hari terakhir.

GeoZilla-Findmy Family

Aplikasi ini dapat terhubung dengan dua perangkat Android sekaligus seperti smartphone dan smartwatch, sehingga memudahkan pelacakan. Fitur keamanannya mencakup laporan berkendara dan pendeteksi kecelakaan. Pengguna akan menerima notifikasi segera setelah fitur ini diaktifkan, sehingga mudah untuk memantau secara keseluruhan.

Connected: Locate Your Family

Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur, termasuk pelacakan lokasi terkini tanpa batas, laporan perjalanan mingguan, pemantauan kebiasaan mengemudi beserta rinciannya, serta melihat aktivitas perjalanan semua anggota yang terlibat selama 30 hari terakhir. Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan pengiriman pesan singkat dan gambar.

Glympse-Share GPS Location

Seperti aplikasi pelacak lainnya, aplikasi ini juga memungkinkan berbagi lokasi terkini dengan pengguna lain melalui tautan khusus. Tautan tersebut bisa diakses melalui web yang dikirimkan lewat pesan singkat.

Namun semua aplikasi ini memerlukan izin atau persetujuan dari pihak kedua, yaitu orang yang akan dilacak lokasinya. Pastikan untuk selalu berkomunikasi dan menjelaskan alasan dengan baik kepada orang yang akan dilacak lokasinya.

Demikianlah beberapa cara cek lokasi nomor hp seseorang yang bisa Anda lakukan. Anda bisa menerapkan salah satu langkah di atas untuk kepentingan mencari ponsel yang hilang, mengetahui keberadaan keluarga atau teman, dan sebagainya. Baca juga cara melihat dan mengubah nomor WhatsApp.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.