Mudah! Begini Cara Cek Sinyal TV Digital Lewat HP
Ilustrasi tv digital (foto: dok. Wise Geek)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Cara cek sinyal TV digital lewat HP wajib diketahui, terlebih Indonesia saat ini telah memasuki era televisi digital.

Sebagaimana diketahui, pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika resmi menghentikan siaran TV tabung atau analog (Analog Switch OFF/ASO) pada Rabu, 2 November 2022. Pemberlakukan program ini menandai diberlakukannya era televisi digital di Tanah Air.

Siaran TV digital adalah siaran yang menggunakan modulasi sinyal digital dan sistem kompresi, sehingga dapat menampilkan gambar dan suara yang lebih jernih ketimbang TV analog.

Televisi digital berbeda dengan TV streaming atau yang penggunaannya memanfaatkan akses internet atau IPV, TV kabel berlangganan atau TV satelit.

Oleh sebab itu, siaran TV digital pun dapat dinikmati secara gratis oleh masyarakat Indonesia. Kendati demikian, masyarakat harus memperhatikan sejumlah faktor agar dapat menikmati siaran TV digital, seperti mengecek perangkat TV yang dipunya apakan sudah mampu menerima siaran TV digital atau belum.

Apabila TV yang dipunya merupakan merek dan tipe yang dinyatakan sanggup menerima siaran digital, maka otomatis siaran langsung dapat diterima.

Akan tetapi, jika TV tidak termasuk dalam daftar perangkat yang dapat menerima siaran digital, maka pemiliknya harus membeli set top box (STB) TV digital atau alat converter untuk dapat menerima siaran digital.

Selain itu, masyarakat juga harus memastikan, apakah wilayahnya telah termasuk dalam jangkauan sinyal digital atau belum. Lantas, bagaimana cara cek sintal TV digital?

Cara Cek Sinyal TV Digital Lewat HP

Ilustrasi siaran TV digital
Ilustrasi siaran TV digital lewat HP (Unsplash)

Cara mengecek jangkauan sinyal digital bisa dilakukan dengan ponsel pintar alias smartphone. Akan tetapi, Anda harus mengunduh aplikasi sinyalTVdigital di Google Play Store (Android) atau App Store (iOS) jika ingin cek sinyal TV digital lewat Hp.

Dihimpun VOI dari berbagai sumber, Jumat, 4 November 2022, berikut cara cek sinyal TV digital lewat aplikasi sinyalTVdigital:

  • Aktifkan fitur lokasi di HP Anda.
  • Buka aolikasi sinyalTVdigital
  • Klik menu “Get Started”
  • Selanjutnya, klik ikon bidik yang berada di bagian tengah bawah atau masukkan nama wilayah di kolom yang tersedia.
  • Kemudian, akan muncul tampilan informasi soal lembaga penyiaran multipleksing (mux) yang dapat menjangkau lokasi TV.
  • Klik "see mux detail" untuk mengetahui informasi yang lebih jelas, seperti kekuatan sinyal hingga frekuensi.
  • Pengguna juga dapat mengetahui daftar lengkap konten siaran TV digital dengan menekan ikon bergambar galeri.

Sekedar informasi tambahan, sinyalTVdigital adalah aplikasi resmi yang dibuat oleh Kominfo untuk mengecek jangkauan sinyal TV digital di Indonesia, termasuk mengecek ketersediaan channel TV Digital di wilayah Anda.

Jika telah memastikan adanya sinyal TV digital di wilayah tempat tinggal, maka masyarakat pun dapat mengubah siaran TV analog ke TV digital dengan menggunakan alat tambahan berupa set top box (STB) TV digital.

Adapun langkah-langkah memasang perangkat STB TV digital adalah sebagai berikut:

  • Beli STB terlebih dahulu secara offline maupun online (lewat marketplace)
  • Pasang kabel RCA ke STB yang sudah disambungkan ke TV sesuai warna
  • TV tabung yang mempunyai port HDMI, bisa menggunakan kabel tersebut sebagai pengganti kabel RCA
  • Pasang kabel antenna ke STB
  • Pilih Menu pada tombol remote dan masuk ke pencarian dengan memilih mode DVV-T2
  • Klik pencarian otomatis, lalu tekan oke
  • Tunggu proses pencarian hingga 100 persen
  • Berikutnya, TV tabung akan menerima siaran digital

Demikian informasi soal cara cek sinyal TV digital lewat HP. Semoga bermanfaat!