Hadir di Pertemuan Teknologi Dunia,  Web Summit, Pengusaha Ukraina Makin Kuat karena Perang
Web Summit di Lisbon juga dihadiri pengusaha dari Ukraina. (foto: twitter @WebSummit)

Bagikan:

JAKARTA - Pengusaha Ukraina membawa pesan dan harapan di Web Summit pekan ini di Lisbon, Portugal, yang menjadi  pertemuan teknologi terbesar di Eropa. Pertemuan ini berakhir pada Jumat, 4 November. Pesan ini sederhana: perang telah membuat kami lebih tangguh dari sebelumnya.

Berdiri di samping stan perusahaannya, Olga Shapovalova, yang bekerja di perusahaan teknologi pendidikan Headway, mengatakan invasi Rusia pada 24 Februari lalu telah mengubah segalanya. Bekerja dari tempat perlindungan bom menjadi normal. Bahkan beberapa karyawan startup telah melarikan diri.

Namun ketika rudal Rusia menghujani, Headway terus mengembangkan bisnisnya. Ia mempekerjakan puluhan pekerja, membuka kantor di negara tetangga, Polandia, dan menggunakan aplikasi pembelajarannya untuk memerangi propaganda penjajah.

"Inilah cara kami menunjukkan bahwa Ukraina begitu kuat dan kami bisa menyelesaikan bisnis," kata wanita berusia 31 tahun itu. "Kami mencoba untuk tumbuh - begitulah cara kami berjuang, dengan cara kami sendiri, untuk membantu Ukraina dan ekonomi kami."

Alexander Sobolenko, kepala eksekutif Releaf Paper, yang berkantor pusat di Kyiv dan mengubah biowaste menjadi kertas berkelanjutan, juga mengalami hal yang sama.

"Lebih banyak orang Ukraina datang ke Web Summit kali ini," tambahnya, berdiri di depan paviliun Ukraina.

Kepala Web Summit, Paddy Cosgrave, mengatakan kepada Reuters pekan lalu bahwa 59 startup Ukraina hadir di acara 2022. Ibu negara Ukraina, Olena Zelenska, dan menteri digital Mykhailo Fedorov juga hadir.

"Ini pertanda baik bahwa ekosistem teknologi dan startup Ukraina berkembang bahkan selama masa perang," kata Sobolenko.

Dengan lebih dari 2.000 startup, kancah teknologi Ukraina berkembang pesat sebelum perang. Sekarang, sembilan dari sepuluh membutuhkan bantuan keuangan, menurut survei oleh TechUkraine. Mereka juga menemukan sebagian besar startup tetap berjalan dan mempertahankan setidaknya beberapa operasi atau staf di Ukraina meskipun ada konflik.

"Kekuatan utama kami adalah orang-orang kami," kata Olesya Malevanaya, dari Hub Ukraina, sebuah organisasi yang mendukung pengusaha. "Mereka kuat dan kreatif, kami memiliki segalanya untuk terus mengembangkan sektor inovasi kami."