Bagikan:

JAKARTA - Ribuan orang berkumpul di Lisbon untuk menghadiri Konferensi Teknologi terbesar di Eropa, Web Summit. Pertemuan terlaksana  setelah upaya mendapatkan kembali keseimbangan pasca pengunduran diri CEO-nya akibat komentarnya tentang perang Israel-Hamas.

Paddy Cosgrave, pendiri asal Irlandia dari Web Summit, mendapat kritik atas posting di media sosial terkait serangan Israel terhadap Jalur Gaza sebagai balasan serangan kelompok militan Palestina Hamas pada 7 Oktober. Ia  menyatakan "kejahatan perang tetap kejahatan perang, bahkan jika dilakukan oleh sekutu".

Beberapa perusahaan teknologi terkemuka, seperti Google, Meta, dan Siemens, serta beberapa pembicara, menyatakan tidak akan menghadiri acara tersebut sebagai respons terhadap posting Cosgrave.

Cosgrave mengundurkan diri sebagai CEO bulan lalu. Ia  menyatakan bahwa komentarnya mengenai konflik tersebut telah menjadi gangguan dari Web Summit 2023 di Lisbon. Web Summit menunjuk mantan CEO Wikimedia Foundation, Katherine Maher, sebagai chief executive.

"Saya pikir penting untuk mengatakan bahwa saya percaya setiap orang, di mana pun, memiliki hak untuk menyatakan pandangannya tentang apa yang terjadi di dunia," kata Maher saat mengatasi pengunduran diri Cosgrave pada pembukaan acara.

"Tetapi memiliki hak untuk berekspresi, dan mempertimbangkan berat kata-kata Anda, adalah dua hal yang berbeda," katanya.

Sebagian besar peserta  mengatakan bahwa kontroversi tersebut tidak akan berdampak pada pengalaman mereka dan memuji CEO baru karena mengatasi masalah tersebut dengan tegas.

"Mereka sangat transparan... itu membantu," kata Ellanoor Rep, pekerja teknologi berusia 34 tahun dari Belanda.

Web Summit mengatakan lebih dari 300 mitranya akan hadir di acara tersebut dan bahwa beberapa "yang sedang dipertimbangkan telah kembali dan membatalkan keputusan mereka".

Sebanyak 2.600 startup dan lebih dari 900 investor diharapkan menghadiri acara ini, yang akan mencetak rekor jumlah peserta.

"(Kontroversi) agak aneh, tetapi saya pikir dampaknya minimal karena... kami hanya ingin menikmati acara ini," kata peserta asal Spanyol, Gonzalo Calvo, 23 tahun.

Acara ini menarik sekitar 70.000 peserta setiap tahun, dengan pembicara dari perusahaan teknologi global, startup, dan politisi. Beberapa pembicara tingkat tinggi tahun ini termasuk mantan analis angkatan darat AS dan sumber WikiLeaks, Chelsea Manning, dan presiden Alibaba.com, Kuo Zhang.