Frances Haugen Desak Mark Zuckerberg untuk Mundur, Demi Kebaikan Facebook Bagi Semua Orang
Sang whistleblower Frances Haugen , mengungkapkan tentang kebobrokan Facebook selama ini. (foto: twitter)

Bagikan:

JAKARTA - Dalam pidato publik pertamanya sejak dia membocorkan dokumen yang merusak tentang cara kerja Facebook, pengungkap fakta atau whistleblower Frances Haugen mendesak mantan bosnya, Mark Zuckerberg, untuk mundur dan mengizinkan perubahan daripada mencurahkan sumber daya untuk mengubah citra Facebook.

"Saya pikir tidak mungkin perusahaan akan berubah jika [Mark Zuckerberg] tetap menjadi CEO," kata Haugen di arena yang penuh sesak pada Senin 1 November pada malam pembukaan Web Summit, sebuah festival teknologi yang menarik puluhan ribu orang ke ibukota Portugal, Lisbon.

Mantan manajer produk Facebook menjawab dengan positif pertanyaan apakah Zuckerberg harus mengundurkan diri, dan menambahkan: "Mungkin ini adalah kesempatan bagi orang lain untuk mengambil kendali... Facebook akan lebih kuat dengan seseorang yang bersedia untuk fokus pada keselamatan. "

Jejaring sosial, dengan hampir memiliki 3 miliar pengguna, mengubah namanya menjadi Meta minggu lalu, dalam rebranding yang berfokus pada pembangunan "metaverse", lingkungan virtual bersama yang dipertaruhkan akan menjadi penerus internet seluler.

Tapi pengadopsi awal dunia maya yang dikenal sebagai metaverse telah mengecam rebranding Facebook sebagai upaya untuk memanfaatkan buzz yang berkembang atas konsep yang tidak dibuat untuk mengalihkan perhatian negatif baru-baru ini.

Mengomentari rebranding, Haugen mengatakan itu tidak masuk akal mengingat masalah keamanan yang belum ditangani.

"Berkali-kali Facebook memilih ekspansi dan area baru alih-alih berpegang teguh pada apa yang telah mereka lakukan," kata Haugen kepada kerumunan animasi yang sering bertepuk tangan saat dia berbicara.

Pengumuman Facebook datang di tengah kritik keras dari anggota parlemen dan regulator atas praktik bisnis perusahaan - terutama kekuatan pasarnya yang sangat besar, keputusan algoritmik, dan pemolisian pelanggaran pada layanannya.

Jaringan media sosial, yang mengoperasikan struktur pembagian kelas ganda di mana Zuckerberg dan sekelompok kecil investor mengendalikan perusahaan, telah membalas dengan mengatakan dokumen yang dibocorkan oleh Haugen digunakan untuk melukis "gambaran palsu."

Haugen mengatakan kepada anggota parlemen Inggris dan Amerika Serikat, bulan lalu bahwa Facebook akan memicu kerusuhan yang lebih keras di seluruh dunia kecuali jika mengekang algoritmenya yang mendorong konten ekstrem, memecah belah, dan memangsa demografi yang rentan agar mereka terus bergulir.

"Masalah utama adalah bahwa fondasi keamanan platform didasarkan pada pemantauan bahasa konten berdasarkan bahasa, yang tidak berskala ke semua negara tempat Facebook beroperasi," kata Haugen.