Google Segera Hapus Akun yang Tidak Aktif Selama Dua Tahun, Catat Tanggalnya!
Google mengingatkan kembali pelanggannya akan segera menghapus akun yang tidak aktif pada 1 Desember 2023. (foto: dok. istimewa)

Bagikan:

JAKARTA - Google mengingatkan kembali pelanggannya di mana perusahaan akan segera menghapus akun yang tidak aktif pada 1 Desember 2023. 

Aturan ini akan berlaku untuk akun yang tidak atau belum digunakan dan masuk ke akun dalam dua tahun terakhir. untuk menghindari protes pelanggan, sebelumnya Google akan memberi tahu pemilik akun yang memenuhi syarat untuk dihapus.

"Jika akun Anda dianggap tidak aktif, kami akan mengirimkan beberapa email pengingat kepada Anda dan email pemulihan Anda (jika ada) sebelum kami mengambil tindakan apa pun atau menghapus konten akun apa pun," ujar Google dalam email kepada pelanggannya.

"Email pengingat ini akan keluar setidaknya 8 bulan sebelumnya tindakan apa pun diambil pada akun Anda," tambahnya.

Setelah Akun Google dihapus, alamat Gmail terkait tidak akan bisa lagi digunakan untuk membuat akun baru.

Melansir BleepingComputer, Selasa, 1 Agustus, selain diwajibkan masuk ke akun minimal selama dua tahun terakhir, pelanggan juga dapat mempertahankan status aktivitas akun dengan cara membaca atau mengirim email dan menggunakan Google Drive.

Kemudian, pelanggan bisa mengunduh aplikasi dari Play Store, menggunakan Google Penelusuran, menonton YouTube, berbagi foto, atau menggunakan Masuk dengan layanan pihak ketiga.

Pengecualian juga diterapkan Google, termasuk pada Akun Google dengan aktivitas YouTube (saluran, video, atau komentar), memegang kartu hadiah dengan saldo uang, yang menerbitkan aplikasi di Google Play Store.

Sebelumnya diwartakan, langkah Google ini diklaim demi melindungi pengguna dari ancaman keamanan, seperti spam, penipuan phishing, dan pembajakan akun.