Bagikan:

JAKARTA - Sejak akhir tahun lalu, pengawas data Jerman telah menyelidiki proyek Worldcoin yang dimiliki oleh CEO OpenAI, Sam Altman, karena kekhawatiran atas pengolahan data biometrik yang sensitif dalam skala besar, demikian diungkapkan presiden regulator tersebut kepada Reuters.

Worldcoin, yang diluncurkan pekan lalu, meminta pengguna untuk memberikan pemindaian iris mata mereka sebagai pertukaran untuk mendapatkan identitas digital dan, di beberapa negara, kriptokurensi gratis sebagai bagian dari rencana untuk menciptakan "jaringan identitas dan keuangan" baru.

Kantor Pengawasan Perlindungan Data Negara Bavaria memulai penyelidikan atas Worldcoin pada November 2022 karena kekhawatiran bahwa proyek tersebut berusaha untuk mengolah "data sensitif dalam skala sangat besar" menggunakan teknologi baru, kata Michael Will, presiden regulator negara tersebut dalam komentar melalui email kepada Reuters pada hari Jumat.

Will mengatakan bahwa regulator negara Bavaria adalah otoritas utama yang menyelidiki Worldcoin berdasarkan peraturan perlindungan data Uni Eropa karena Tools For Humanity, perusahaan di balik Worldcoin, memiliki anak perusahaan di Jerman.

"Teknologi-teknologi ini pada pandangan pertama tidak terbukti atau terlalu sedikit dianalisis untuk tujuan inti khusus dari pengolahan di bidang transfer informasi keuangan," kata Will.

Hal ini menimbulkan sejumlah risiko, termasuk apakah pengguna telah memberikan persetujuan eksplisit terhadap data biometrik mereka yang sangat sensitif untuk diolah berdasarkan informasi yang "cukup dan jelas", ujar Will.

Worldcoin belum segera memberikan tanggapan atas permintaan komentar. Situs web mereka menggambarkan jaringan mereka sebagai "memelihara privasi" dan menyatakan bahwa data pribadi disimpan dalam bentuk terenkripsi.

Worldcoin Foundation, sebuah entitas yang berbasis di Kepulauan Cayman, mengatakan melalui email kepada Reuters pekan lalu bahwa mereka mematuhi peraturan Uni Eropa dan akan terus bekerja sama dengan permintaan informasi dari badan-badan pemerintah tentang praktik privasi dan perlindungan data mereka.

Sejak diluncurkan, orang-orang telah melakukan pemindaian wajah mereka dengan menggunakan "orbs" berbentuk bola berkilau di lokasi pendaftaran di seluruh dunia, termasuk di Prancis, Jerman, dan Spanyol. Worldcoin mengatakan bahwa 2,1 juta orang telah mendaftar, terutama selama periode percobaan selama dua tahun terakhir.

Para pembela privasi telah lama menyoroti kekhawatiran tentang pengumpulan dan penyimpanan data biometrik dalam skala luas, yang dapat meningkatkan pengawasan atau menargetkan kelompok demografis tertentu.

Beberapa otoritas pengawas Eropa menganggap Worldcoin sebagai masalah yang menarik minat mereka dan telah meminta informasi, tambah Will. Pengawas privasi di Prancis mengatakan kepada Reuters pada Jumat 28 Juli bahwa legalitas pengumpulan data Worldcoin "terlihat meragukan". Regulator data Inggris juga telah menyatakan akan menyelidiki proyek ini.