Google Akan Mulai Hapus Akun Tidak Aktif Per 1 Desember
Google akan mulai hapus akun yang tidak aktif pada Desember mendatang (foto: dok. pexels)

Bagikan:

 

JAKARTA - Pada pertengahan Agustus lalu, Google mengirimkan email ke banyak pengguna Gmail bahwa mereka akan mulai menghapus akun yang tidak digunakan pada Desember tahun ini.

Akun Google yang tergolong tidak aktif adalah akun yang tidak dipakai untuk login atau tidak digunakan di seluruh aplikasi Google selama dua tahun. Tak hanya akun, Google juga akan menghapus data-data yang tersimpan di dalamnya.

Dari laporan Makeuseof, Google sengaja menghapus akun yang tidak aktif sebagai langkah keamanan. Pasalnya, akun-akun yang telah lama tidak digunakan biasanya menggunakan kata sandi yang ketinggalan zaman sehingga mudah diretas.

Terlebih lagi, akun-akun ini tidak melakukan login secara rutin dan tidak melakukan pembaruan keamanan sehingga peretas akan mudah memasuki akun mereka. Jika peretas berhasil masuk, maka informasi sensitif penggunanya akan dicuri.

Selain meningkatkan keamanan, akun yang tidak aktif juga menguras dana pemeliharaan Google. Meski tidak menghabiskan banyak dana, menghapus akun tetap menjadi opsi terbaik untuk Google saat ini.

Jika Anda khawatir dengan penghapusan akun ini, cukup login kembali ke akun Google Anda sebelum Desember 2023. Masuk ke dalam akun Google secara berkala agar pengatur waktu tidak aktif tidak berjalan.

Meski Google menyatakan bahwa seluruh akun yang tidak digunakan akan dihapus, ada beberapa akun yang mereka kecualikan. Mereka tidak akan menghapus akun yang biasa digunakan untuk membeli produk, aplikasi, atau layanan dari Google.

Google juga tidak akan menghapus akun yang memiliki aplikasi atau gim yang dipublikasikan, akun pengelolan akun minor yang aktif, dan akun untuk pembelian item digital seperti film atau buku.