Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Ponsel, Mudah Banget!
File di Smartphone yang Terhapus Bisa Dikembalikan, Caranya Gampang Banget (Pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Sejumlah file yang ada di perangkat ponsel sering kali terhapus tanpa sengaja. Hal itu pun membuat pemilik ponsel ingin mengembalikannya, tetapi tidak mengetahui cara melakukannya.

Padahal, mengembalikan file yang terhapus di ponsel sangat mudah. Ada beberapa pilihan yang dapat Anda pakai, sesuai dengan jenis ponsel yang Anda miliki seperti Android atau iOS.

Umumnya, jenis file yang ada di ponsel sangat beragam. Kendati begitu cara mengembalikannya tidak jauh berbeda, baik file yang terhapus adalah dokumen, foto, video, atau lainnya.

Jika Anda ingin mengetahui cara untuk mengembalikan file yang terhapus dari ponsel Anda, di bawah ini tim VOI telah merangkum langkah-langkah yang dapat Anda lakukan.

Mengembalikan File di Android yang Terhapus

Untuk mengembalikan file yang terhapus di ponsel Android, pengguna dapat memakai fitur bawaan perangkat Anda seperti Trash, yang ada di Pengaturan Galeri.

Caranya, pengguna dapat membuka menu Galeri di ponsel Anda, kemudian klik menu ikon tiga titik yang ada di pojok kanan atas.

Selanjutnya, akan muncul sejumlah pilihan dan klik menu "Trash" berupa ikon tempat sampah.

Untuk mengembalikan file yang terhapus dari ponsel Anda, pengguna dapat memilih ikon "Restore" untuk mengembalikan file video dan foto ke galeri ponsel Anda.

Setelah itu, file yang sebelumnya terhapus dari perangkat Anda akan kembali. Pengguna dapat mengeceknya di ruang penyimpanan terakhir.

Mengembalikan File di iOS yang Terhapus

Sementara untuk mengembalikan file yang terhapus di perangkat iOS atau iPhone, pengguna dapat menggunakan fitur Recently Deleted yang ada di ponsel Anda.

Caranya pun hampir sama dengan mengembalikan file di Android, yakni pengguna harus membuka menu Galeri di ponsel Anda terlebih dahulu.

Selanjutnya, gulir ke bagian bawah sampai Anda menemukan ikon gambar tempat sampah. Akan ada sejumlah file video dan foto yang sudah dihapus, jika ingin memulihkannya, Anda dapat memilihnya.

Kemudian, klik ikon "Restore" atau "Pulihkan" untuk mengembalikan file yang sempat terhapus dari perangkat Anda. Dengan demikian file tersebut sudah kembali ke folder utama dan bisa Anda cek.

Itu tadi cara yang dapat Anda lakukan untuk mengembalikan atau memulihkan file yang sempat terhapus dari perangkat ponsel Anda.

Pengguna dapat memilih salah satu cara di atas, tergantung dengan jenis ponsel yang Anda gunakan, yakni Android, atau iOS, untuk memulihkan file yang terhapus.