Tidak Sulit! Begini Cara Kembalikan Foto yang Terhapus di Smartphone
Ilustrasi / Pixabay

Bagikan:

JAKARTA - Saking banyaknya file foto yang disimpan di ponsel, terkadang kita asal menghapus saja tanpa memilah-milih mana yang dibutuhkan. Ketika disadari foto yang masih ingin disimpan ternyata sudah terhapus, bagaimana mengembalikannya?

Kini dengan berbagai kecanggihan teknologi, hanya dengan menggunakan aplikasi, foto yang sudah terhapus dapat dikembalikan dengan mudahnya. Berikut beberapa aplikasi photo recovery yang bisa diunduh secara gratis untuk pengguna Android ya!

Photo Recovery

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini tentu cocok untuk mengembalikan foto yang terhapus secara cepat di ponsel Android. Tidak hanya bisa mengembalikan foto terhapus, aplikasi ini juga dapat membuat pengguna meninjau ulang foto yang sudah tercover. 

DigDeep Recovery

DigDeep merupakan aplikasi recovery foto yang bisa mengembalikan beragam jenis gambar di ponsel Android. Aplikasi ini juga dapat mendukung format foto seperti PNG, JPG, JPEG dan lainnya. Dengan tampilan yang sederhana, pengguna pun bisa mengembalikan foto yang terhapus di microSD.

DiskDigger

Aplikasi berbasis Android ini dikembangkan oleh Defiant Technologies dan telah diunduh lebih dari 100 juta pengguna di Google Play Store. DiskDigger terbilang cukup populer karena telah mendapat rating 4.0.

Cara menggunakannya pun cukup mudah, pengguna hanya perlu mengunduh aplikasi DiskDigger di Play Store, lalu jika diminta untuk mengakses root (di mana pengguna mendapatkan kendali atau akses penuh dari smartphone Android), klik izinkan. Kemudian, cari folder berisi file yang terhapus, lanjutkan dengan tentukan format dan klik OK. Selanjutnya, aplikasi akan melakukan scan file yang bisa dikembalikan. Setelah selesai dipindai, kemudian klik Save.

Dumpster

Selain DiskDigger, aplikasi terbaik lainnya jatuh pada Dumpster. Aplikasi ini bekerja layaknya Recycle Bin di komputer Windows.

Setelah memasang aplikasi ini, foto-foto yang dihapus akan masuk ke Dumpster, dan pengguna dapat dengan mudah mengembalikannya jika dibutuhkan. Selain itu, pengguna juga bisa mengembalikan file lain dengan aplikasi ini, seperti lagu, video, pesan teks, dokumen dan lainnya.

Restore Image

Aplikasi yang dikembangkan AlpacaSoft telah diunduh lebih dari 10 juta pengguna. Restore Image dapat digunakan untuk ponsel tanpa melalukan root dan diunduh secara gratis, walaupun pengguna akan disuguhkan dengan iklan di dalamnya.

Google Photos

Aplikasi resmi milik Google ini mempunyai fitur sinkronisasi yang akan mem-backup setiap foto yang diabadikan. Namun pengguna harus perhatikan batas penggunaan data internet, karena proses sinkronnya membutuhkan jaringan internet.

Sebenarnya aplikasi ini bukan seperti aplikasi photo recovery seperti di atas, melainkan aplikasi yang dapat menghindari pengguna kehilangan file foto mereka, tetapi ketika pengguna memasang Google Photos, maka foto yang dihapus akan tersimpan di folder Spam. Ketika pengguna membutuhkannya kembali, maka ia tinggal merestore-nya saja.