3 Cara Mengembalikan File yang Hilang di Hardisk Eksternal
Cara Mengembalikan File yang Hilang di Hardisk Eksternal (Monitor Teknologi)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Perasaan bersalah akibat tidak sengaja menghapus data atau file tentu pernah dirasakan semua pengguna PC dan laptop. Baik dilakukan sengaja maupun tidak, saat file penting tiba-tiba hilang Anda pasti akan merasa kebingungan.

Memang, Anda bisa langsung membuka folder Recycle Bin untuk mengecek file yang terhapus. Tapi, lain soal jika file tersebut tak sengaja dihapus permanen. Panik, bingung, sedih -campur aduk.

Lebih panik lagi jika file yang dihapus ternyata disimpan pada hardisk eksternal. Untuk mengembalikannya butuh upaya ekstra. Karena akan sulit untuk melacaknya pada penyimpanan internal komputer atau laptop.

Akan tetapi, jangan terburu merasa putus asa. Penulis VOI sudah merangkumkan tiga cara mengembalikan file yang hilang di hardisk eksternal yang bisa Anda coba. Mau tahu bagaimana langkah-langkahnya? Simak uraian di bawah, ya.

Mengembalikan File yang Terhapus Lewat File History

Jika sebelumnya Anda sudah mengkonfigurasikan pencadangan riwayat file, maka lewat fitur ini pula Anda bisa melacak data yang terhapus. Bagi pengguna Windows, berikut ini langkah yang bisa Anda lakukan.

  1. Pada kotak ‘Pencarian’ di Windows 10, ketikkan kata ‘restore your file’
  2. Klik menu ‘Restore your files with File History
  3. Ketikkan nama file yang Anda cari di dalam Kotak Pencarian, atau gunakan mouse untuk menggeser layar jika ingin menemukannya secara manual
  4. Pilih file yang terhapus, lalu kembalikan ke lokasi semula. Terakhir, klik tombol Restore untuk mengakhiri langkah ini

Mengembalikan File Lewat Perintah CMD atau Command Prompt

Cara kedua, Anda bisa mengandalkan perintah lewat CMD atau Command Prompt. Hanya saja, cara kedua ini tidak disarankan dilakukan oleh Anda yang tidak memiliki pengalaman atau pengetahuan dalam mengoperasikan Command Promt.

Pasalnya, setiap kata yang Anda ketikkan berpotensi diterjemahkan sebagai perintah dan bisa langsung dieksekusi sistem operasi. Maka, salah ketik saja bisa berakibat fatal, bukan?

Menggunakan Software Pengembali Data

Jika Anda merasa takut atau ragu-ragu untuk melakukannya sendiri, tetaplah tenang. Kini sudah tersedia banyak pilihan software pengembali data (recovery data) yang bisa ditemukan lewat Google.

Contohnya seperti Recuva, Paragon Rescue Kit 14, CGSecurity PhotoRec, Tenorshare 4DDiG Data Recovery, dan masih banyak lagi.

Ada software yang berbayar, ada pula yang bisa digunakan secara gratis. Perbedaannya tentu saja dalam hal kemudahan serta kelengkapan layanan.

Untuk software berbayar, biasanya pengembang sudah menambahkan fitur yang membuat proses pengembalian data berjalan lebih gampang. Jenis fitur yang tidak akan bisa Anda akses lewat software gratis.

Nah, itulah beberapa cara mengembalikan file yang hilang di hardisk eksternal. Semoga penjelasan di atas bisa membantu Anda untuk mengatasi kendala ini, ya.