File Microsoft Word Anda Hilang karena Belum Disimpan saat Laptop Mati, Kembalikan dengan Cara Ini
File Microsoft Word Anda Hilang karena Belum Disimpan saat Laptop Mati, Kembalikan dengan Cara Ini (Hops)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Microsoft Word merupakan perangkat lunak pengolah kata yang dibuat oleh perusahaan teknologi Microsoft. Melalui aplikasi tersebut pengguna dapat membuat makalah, atau dokumen lainnya dengan mudah di komputer atau laptop.

Namun, ada kalanya pengguna mengalami masalah ketika sedang membuat dokumen tertentu menggunakan Microsoft Word. Salah satunya adalah laptop atau perangkat yang digunakan mati, padahal dokumen tersebut belum sempat disimpan.

Situasi itu pun bisa berakibat fatal karena dokumen yang Anda kerjakan selama berjam-jam, bahkan berhari-hari bisa hilang begitu saja. Tapi, Anda tidak perlu khawatir karena terdapat cara untuk mengembalikan file Microsoft Word yang belum tersimpan.

Jika Anda saat ini mengalami masalah tersebut, terdapat sejumlah cara yang dapat Anda lakukan untuk mengembalikan file dokumen Microsoft Word yang belum tersimpan dan telah dirangkum oleh tim VOI di bawah ini.

Cara Mengembalikan Dokumen Microsoft Word yang Belum Tersimpan

Untuk mengembalikan dokumen Microosoft Word yang hilang karena belum tersimpan akibat laptop mati secara tiba-tiba, pengguna dapat menghidupkan kembali perangkat Anda.

Setelah menyala, buka kembali aplikasi Microsoft Word di perangkat Anda, kemudian pilih menu File yang ada di pojok kiri atas menu Taskbar Microsoft Word.

Lihat bagian "Informasi Tentang (nama dokumen)", kemudian cari dokumen yang sebelumnya Anda buat. Biasanya, dokumen yang belum Anda simpan akan diberi nama Docs, di bagian tersebut.

Setelah menemukan dokumen, klik "Manage Version" yang berada di sisi bawah, sehingga akan muncul 2 pilihan pengaturan yang dapat Anda pilih. Pilihan pertama adalah Recover Unsaved Documents, dan kedua Delete All Unsave Documents.

Untuk mengembalikan file dokumen Microsoft Word yang belum tersimpan, pengguna dapat memilih opsi pertama yakni Recover Unsaved Document. Setelah itu akan muncul jendela baru yang memuat folder-folder berisi file-file Microsoft Word yang belum tersimpan.

Setelah itu, klik file yang ingin Anda buka atau kembalikan ke halaman Microsoft Word. Setelah itu klik simpan, supaya file tersebut tidak hilang lagi saat Anda perangkat Anda kembali mati.

Dengan demikian, file Microsoft Word Anda yang sebelumnya belum tersimpan dapat diakses kembali, dan pengguna dapat melanjutkan menyusun dokumen yang belum selesai tersebut.

Sebagai catatan, setiap versi Microsoft Word memiliki sedikit perbedaan, tetapi secara garis besar untuk mengembalikan file dokumen yang belum tersimpan, pengguna dapat mengikuti langkah-langkah seperti di atas.

Itu tadi cara yang dapat Anda lakukan untuk mengembalikan file dokumen Microsoft Word yang menghilang akibat komputer atau laptop Anda menghilang secara tiba-tiba.