<i>Listening Control</i> di YouTube, Fitur Baru yang Dapat Mempermudah Pengguna
Listening Control di YouTube, Fitur Baru yang Dapat Mempermudah Pengguna (Daily Infotainment)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Platform video streaming YouTube memiliki banyak pengguna di seluruh dunia. Setiap hari, jutaan konten ditonton oleh orang-orang menggunakan perangkat smartphone maupun desktop.

Penonton YouTube pun beragam, mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa, menghabiskan waktunya untuk menonton kanal favorit mereka setiap hari, seperti kuliner, berita, hingga konten musik.

Nah, bicara mengenai konten musik, YouTube memiliki fitur baru bernama Listening Control yang dapat digunakan oleh pengguna untuk mengatur video yang mereka tonton.

Terdapat sejumlah opsi yang dapat Anda gunakan di fitur tersebut seperti memutar video (play), menghentikan video (pause), lanjut ke video selanjutnya (next), kembali ke video sebelumnya (previous), sampai opsi maju dan mundur 10 detik dapat Anda nikmati di dalam Listening Controls.

Sebenarnya, fitur serupa sudah ada di aplikasi YouTube, tetapi terdapat di dalam video, sehingga Anda lebih sulit menggunakannya. Sementara di fitur Listening Control, pengguna dapat lebih mudah menggunakan fitur-fitur di atas.

Tidak hanya itu, Listening Control akan tetap aktif saat pengguna melakukan pencarian video lain di kolom pencarian. Hal itu pun dapat membuat pengguna lebih nyaman untuk memutar video favorit Anda.

Jika Anda tertarik untuk menggunakan fitur Listening Control di YouTube, pengguna dapat mengikuti langkah-langkah yang telah disusun tim VOI di bawah ini.

Cara Menggunakan Listening Control

Untuk bisa mengaktifkan fitur Listening Control, pengguna harus mengupgrade akun YouTube Anda ke akun Premium, karena fitur tersebut hanya tersedia untuk pelanggan YouTube Premium.

Setelah itu, pengguna dapat masuk ke aplikasi YouTube di smartphone Anda, kemudian pilih salah satu video yang ingin Anda tonton.

Setelah menonton video, pengguna dapat mulai menggunakan Listening Control dengan klik ikon tiga titik yang ada di pojok kanan atas layar smartphone Anda.

Akan muncul sejumlah pilihan menu, dan pengguna dapat memilih menu Listening Control. Anda pun segera masuk ke mode Listening Control dan kembali ke video yang Anda putar.

Saat berada dalam mode Listening Control, pengguna tidak dapat melakukan interaksi dengan komentar. Tapi, Anda masih bisa memberi like kepada video yang Anda tonton dan mengatur kecepatan, memasukkan video ke dalam daftar putar dan beberapa hal menarik lainnya.

Sayangnya, untuk saat ini fitur Listening Control baru tersedia untuk pengguna YouTube yang berdomisili di Amerika Serikat. Sementara itu, untuk pengguna di wilayah lain seperti Indonesia harus menunggu sedikit lebih lama untuk menggunakan fitur tersebut.

Itu tadi cara yang dapat Anda lakukan untuk menggunakan fitur Listening Control di aplikasi YouTube. Pengguna dapat mencobanya saat layanan tersebu