Fitur Baru Android Bisa Memudahkan Pengguna Memindahkan Audio Antar Perangkat
Google akan luncurkan fitur baru yang disebut uninterrupted listening (Foto: Google)

Bagikan:

JAKARTA - Google menunjukkan banyak cara di mana teknologinya telah membantu perangkat android Anda bekerja lebih baik dari sebelumnya dalam menikmati berbagai hiburan yang ada selama Consumer Electronics Show (CES) 2023.

Di Android 13, Google telah memperkenalkan widget pemutar media baru di layar kunci dan bagian notifikasi ponsel Android, yang memungkinkan Anda memilih dengan cepat menghubungkan perangkat Bluetooth atau Chromecast yang kompatibel untuk memutar konten Anda seperti YouTube dan YouTube Music. 

Namun, tahun ini Google bekerja sama dengan Spotify untuk memungkinkan penggunanya beralih pemutaran dengan mudah antara perangkat Spotify Connect apa pun dari pemutar media Android.

"Kami juga mengembangkan cara agar konten audio Anda bergerak bersama Anda sepanjang hari. Melalui notifikasi di perangkat Anda, Anda dapat mengetuk untuk mulai mendengarkan podcast di mobil, melanjutkan di ponsel dan headphone, dan menyelesaikannya di TV di rumah," kata Sandeep Chivukula, Direktur Manajemen Produk, Android dalam blog Google. 

Jadi, saat Anda memindahkan lokasi fisik ponsel Anda, Anda akan melihat pemberitahuan di ponsel atau perangkat lain yang menanyakan apakah Anda ingin mentransfer audio ke perangkat terdekat. 

Fitur ini mengizinkan pengguna untuk memindah output audio ke beberapa perangkat lain seperti smartphone, speaker, headphone, TV, mobil, atau perangkat pemutar lainnya.

"Kami bekerja sama dengan Spotify dan YouTube Music untuk menggunakan notifikasi ini guna membantu pengguna menikmati konten yang mereka streaming, di perangkat paling optimal yang tersedia bagi mereka," tambahnya. 

Di sisi lain, untuk mempermudah penggunaan beberapa perangkat, Google juga telah menambahkan fitur seperti Fast Pair, Nearby Share dan Chromecast built-in. Dengan teknologi yang digunakan Google yang dibangun dengan mengutamakan privasi dan keamanan, Anda memegang kendali atas data Anda, termasuk data lokasi. 

Sebagai informasi, fitur yang diberi nama uninterrupted listening atau mendengarkan tanpa gangguan ini dibangun menggunakan software development kit (SDK) yang memakai konektivitas Bluetooth Low Energy, WiFi, dan ultra wideband untuk mendeteksi perangkat audio mana yang secara fisik berada di dekat pengguna.

Meski demikian, Google belum mengumumkan tanggal pasti perilisan fitur yang memudahkan pengguna berpindah audio antar perangkat saat mendengarkan musik. Namun, kita dapat berharap fitur ini akan dirilis tahun ini.