Sekarang Pengguna WhatsApp Bisa Transfer <i>Chat</i> dari iPhone ke Android
WhatsApp menghadirkan fitur yang memungkinkan pengguna mentransfer obrolan mereka dari iOS ke Android. (foto: WhatsApp)

Bagikan:

JAKARTA - Setelah bertahun-tahun ditunggu penggunanya, WhatsApp kini menghadirkan fitur yang dapat memungkinkan pengguna mentransfer obrolan mereka dari iOS ke Android.

Fitur tersebut dihadirkan melalui sistem operasi Android 12. Dalam unggahan pada blog resminya, fitur baru tersebut baru dapat digunakan pada ponsel seri Pixel 6 dan semua ponsel Pixel yang tersedia saat ini. Sebab, update Android 12 versi stabil masih baru tersedia untuk ponsel Pixel.

“Mulai hari ini, Anda dapat dengan aman mentransfer riwayat obrolan dan kenangan dari akun WhatsApp Anda di iPhone ke Android. Kami bekerja sama dengan tim WhatsApp untuk membangun serangkaian kemampuan baru, semuanya dirancang untuk memudahkan beralih dari iPhone ke Android dan membawa riwayat WhatsApp Anda," ungkap Google seperti dikutip dari XDA Developers, Jumat, 29 Oktober.

Dikatakan Google, fitur migrasi riwayat obrolan WhatsApp dari iPhone ke Android ini tidak akan terbatas pada perangkat Samsung serta Pixel, dan akan tersedia di setiap ponsel baru yang diluncurkan dengan Android 12.

Namun, Google tidak merinci lebih lanjut apakah fitur migrasi tersebut juga akan tersedia pada perangkat yang ditingkatkan dari Android 11 ke Android 12.

Jika pengguna ingin mencobanya, proses transfer harus menghubungkan iPhone dan ponsel Android melalui kabel Lighting ke USB-C. Kemudian, apabila sudah terkoneksi, pengguna akan diminta untuk memindai kode QR di iPhone mereka saat mengatur ponsel Android baru mereka untuk memindahkan semua obrolan WhatsApp, media, dan lainnya.

Pindailah QR Code tersebut, kemudian klik Start atau Mulai. Tetapi, jika terdapat masalah saat proses pemindaian, transfer chat bisa dilakukan secara manual dengan membuka menu Settings di WhatsApp.

Pilih opsi Chats lalu klik Move Chats to Android di perangkat iPhone. Pengguna harus memastikan saat proses tersebut perangkat dalam keadaan menyala agar transfer berjalan lancar. Jika proses transfer sudah rampung, pengguna bisa mengakses data di ponsel Android.