Kekurangan Pasokan Chip Global Telah Menurunkan Kapasitas Produksi VW dan Stellantis, 1,4 Juta Mobil Gagal Diproduksi
VW mengalami gagal produksi 1,4 juta mobil selama 2021 gara-gara kelangjaan chip. (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Kekurangan chip semikonduktor global membuat Volkswagen dan Stellantis kehilangan total produksi 1,4 juta kendaraan pada kuartal ketiga. Dua pembuat mobil terbesar Eropa ini mengatakan hal tersebut pada Kamis, 28 Oktober. Namun kini keduanya melaporkan sudah ada beberapa tanda awal perbaikan.

Volkswagen AG, perusahaan mobil terbesar Eropa dan juga nomor 2 di dunia, memangkas prospek pengiriman, menurunkan ekspektasi penjualan dan memperingatkan pemotongan biaya karena melaporkan laba operasional kuartalan yang lebih rendah dari perkiraan.

Perusahaan Jerman itu mengatakan telah membuat sekitar 800.000 mobil lebih sedikit, atau sekitar 35% lebih sedikit dari pada kuartal yang sama pada tahun 2020.

Stellantis, pembuat mobil terbesar keempat di dunia, mencatat penurunan 14% dalam pendapatan kuartalan pro-forma setelah kekurangan chip memangkas produksi kuartalan yang direncanakan sebesar 30%, atau 600.000 kendaraan.

Kepala keuangan Stellantis, Richard Palmer, melaporkan peningkatan "moderat" dalam pasokan chip pada bulan Oktober, dan memperkirakan itu akan berlanjut hingga kuartal keempat. Tapi dia menambahkan masalah rantai pasokan berarti sulit untuk membuat prediksi tentang kelangkaan semikonduktor otomotif, yang telah melanda industri hampir sepanjang tahun.

"Visibilitas pada semikonduktor terus menjadi subjek yang sulit bagi industri," kata Palmer, seperti dikutip Reuters.

Pembuat mobil, yang menutup pabriknya karena pandemi COVID-19 berlangsung tahun lalu, mendapati diri mereka bersaing dengan industri elektronik konsumen yang luas untuk pasokan chip.

Gangguan rantai pasokan dari kebakaran di pabrik pembuatan chip di Jepang hingga lockdown akibat virus corona di Malaysia, sebagai pusat pasokan chip global, hanya menambah masalah industri.

Kekurangan chip, yang digunakan dalam segala hal mulai dari sensor rem hingga power steering hingga sistem hiburan, telah menyebabkan pembuat mobil di seluruh dunia terpaksa memotong atau menangguhkan produksi, yang akhirnya mendorong harga kendaraan baru dan bekas meningkat di tengah permintaan yang kuat dari konsumen.

Persediaan kendaraan baru Stellantis turun lebih dari 42% tahun-ke-tahun pada akhir September.

Palmer mengatakan kepada analis bahwa, "mengingat volatilitas pasar," Stellantis saat ini tidak mengharapkan peningkatan produksi yang besar pada tahun 2022, tetapi akan lebih fokus pada mempertahankan tingkat harga sambil berjuang melawan kenaikan biaya bahan baku.

Dia mengatakan kehilangan produksi dapat mendorong pendapatan Stellantis 2021 "sedikit lebih rendah" dari perkiraan sebelumnya.

Kepala keuangan Volkswagen, Arno Antlitz, mengatakan kekurangan chip "membuat kami sangat jelas bahwa kami belum cukup tahan terhadap fluktuasi pemanfaatan kapasitas."

"Meskipun visibilitas situasi masih sulit diperkirakan, kami melihat awal stabilisasi pasokan chip dan mengharapkan" keuangan utama membaik pada kuartal keempat,” kata Antlitz kepada wartawan.

Volkswagen membuat laba operasi kuartal ketiga sebesar 2,8 miliar euro (Rp 46,3 triliun), turun 12% pada tahun lalu dan lebih rendah dari perkiraan Refinitiv 2,99 miliar euro (Rp 47,9 triliun. Tetapi perusahaan, yang bertujuan untuk menyalip Tesla sebagai penjual kendaraan listrik (EV) terbesar di dunia pada pertengahan dekade, mengkonfirmasi target margin laba operasinya sebesar 6,0-7,5% untuk tahun 2021.

"Jelas, volatilitas saat ini secara brutal menunjukkan biaya tetap Volkswagen yang sangat tinggi terutama dalam kinerja merek VW, yang juga tampaknya menanggung sebagian besar kekurangan terkait semikonduktor," tulis analis Bernstein Arndt Ellinghorst dalam catatan klien.

Stellantis, yang dibentuk pada awal tahun dari penggabungan Fiat Chrysler dan PSA Prancis, menegaskan target setahun penuhnya untuk margin laba operasi yang disesuaikan sekitar 10%.

Produsen mobil besar lainnya, termasuk General Motors) dan Renault, juga mendapatkan hasil kuartalan yang dirugikan oleh krisis chip.