Inilah 4 Fitur iPhone yang tidak Dimiliki Android
Ilustrasi fitur iPhone (Foto: Pixabay/QuinceCreative)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa banyak orang rela merogoh kocek yang lebih dalam untuk membeli iPhone? Jawabannya, terletak pada fitur canggih yang dimiliki iPhone dan tidak tersedia di smartphone Android. Nah, dalam artikel kali ini, VOI akan mengulas fitur iPhone yang tidak dimiliki Android. Baca terus sampai akhir, ya!

Fitur iPhone yang tidak Dimiliki Android

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut sederet fitur iPhone yang tidak tersedia di ponsel Android:

1. FaceTime

FaceTime merupakan aplikasi panggilan video dan Audio yang dikembangkan Apple Inc. untuk perangkat iOS, iPadOS, dan macOS. Ketika menggunakan FaceTime, Anda hanya memerlukan nomor telepon atau alamat email terdaftar oleh pengguna lain yang ingin diajak melakukan panggilan video.

Langkah-langkah menggunakan FaceTime, yakni:

  • Buka aplikasi “FaceTime
  • Berikutnya, pilih “New Face Time” dan ketik nomor telepon atau alamat email pengguna yang ingin diajak panggilan video.
  • Apabila Anda menyimpan nomor telepon atau alamat email pengguna lain di kontak, Anda dapat mengetikkan nama mereka dan memilih namanya ketika itu muncul. Kemudian pilih tombol “Audio” atau “FaceTime”.
  • Anda juga dapat memulai panggilan video FaceTime dari iPhone ketika sedang melakukan panggilan telepon lain. Pilih tombol “FaceTime” di aplikasi telepon untuk beralih ke FaceTime.

2. Airplay

AirPlay adalah protokol komunikasi nirkabel ekslusif yang dikembangkan oleh Apple. Airplay menjadi fitur terbesar yang masih belum ada pada sistem bawaan Android.

Fitur ini dapat membagikan konten dari perangkat Apple ke perangkat lain, seperti Apple TV, smart TV yang kompatibel dengan AirPlay 2 atau ke MacBook.

Anda juga bisa menampilkan video, foto, atau semacam aplikasi yang dapat membantu menampilkan apa yang ada pada layar ponsel iPhone dan perangkat lain.

Berikut cara membagikan video dari iPhone ke perangkat smart TV:

  • Hubungkan perangkat ke Wifi yang sama dengan Apple TV atau Smart TV.
  • Pilih video yang ingin kamu bagikan.
  • Berikutnya, pilih “AirPlay”.
  • Lalu temukan Apple TV atau Smart TV yang ingin Anda hubungkan dengan perangkat.
  • Jika Anda ingin menghentikan tampilan, pilih “AirPlay” pada aplikasi yang sedang Anda bagikan, lalu pilih perangkat tersebut dari daftar.

3. Drag and Drop

Fitur ini sudah disematkan pada perangkat berbasis iOS selama beberapa tahun. Fitur Drag and Drop (Seret dan Lepaskan) adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk memindahkan file ke aplikasi lain dengan cara menyeretnya.

Fitur ini cukup mudah digunakan, hanya dengan sentuhan jari saja Anda dapat menyalin dan memindahkan sebuah konten atau multimedia dari satu aplikasi aplikasi ke aplikasi lain untuk menyalin dan menempelkan konten tersebut dengan mudah dan cepat.

Ketika memindahkan file, pastikan bahwa perangkat yang akan Anda jadikan sebagai tempat untuk menempelkan media juga mendukung fitur yang sama.

4. Battery Health

Batterai Health adalah fitur yang dapat digunakan pengguna iPhone untuk mengecek kesehatan baterai perangkatnya.

Ketika kesehatan baterai iPhone Anda turun di bawah 80 persen, iOS akan menyarankan agar Anda segera memperbaiki atau mengganti baterai iPhonemu. Anda juga bisa melihat informasi tentang kesehatan baterai iPhone dan mempelajari bagaimana penggunaan iPhone dapat memengaruhi tingkat baterai.

Fitur Battery Health tidak bisa digunakan oleh pengguna Android karena tidak memiliki menu pengecekan status baterai bawaan.

Berikut cara cek battery health di iPhone:

  • Buka pengaturan
  • Pilih menu Baterai
  • Pilih Kesehatan Baterai

Setelah masuk ke menu tersebut, Anda akan mendapatkan informasi tentang kesehatan baterai iPhone. Mulai dari Kapasitas Maksimum, Kemampuan Kinerja Puncak, hingga pengaturan untuk mengaktifkan fitur Pengisian Daya Optimal.

Dengan mengetahui angka battery health iPhone, Anda bisa mengetahui bagaimana cara menggunakan iPhone supaya lebih awet. Di sisi lain, bila kesehatan baterai menurun dan terasa cepat terkuras, mungkin saatnya untuk mengganti komponen baterai.

Demikian informasi tentang fitur iPhone yang tidak dimiliki Android. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.