Lima Fitur Kamera di Android Ini Mungkin Tidak Akan Anda Temukan di iPhone
Fitur kamera di Android dan Apple, mana yang lebih baik? (foto: dok. android)

Bagikan:

JAKARTA - Setiap merek smartphone memiliki ciri khas dan kemampuannya masing-masing. Jika membandingkan merek smartphone Android satu dengan yang lainnya, jelas mereka memiliki pembeda. Begitu juga antara Android dengan iPhone.

Seorang penulis dari Digital Trends, Christine Romero-Chan menemukan perbandingan antara alat-alat pengeditan dan kamera antara Android dan iPhone. Menurutnya, perangkat Android lebih unggul dalam hal tersebut.

Berikut ini adalah beberapa fitur yang akan Anda temukan di perangkat Android, tapi tidak diterapkan di iPhone milik Apple.

Fitur Magic Eraser

Dengan fitur eraser yang tersedia (khususnya di Pixel 7), pengguna dapat menghapus objek yang mengganggu dari foto Anda. Dengan kecerdasan buatan (AI), Google akan mengisi tempat yang dihapus tadi dengan konteks yang sesuai dengan foto Anda.

Saat ini, Apple memiliki fitur yang sedikit mirip dengan Magic Eraser di Android. Namun, fitur Magic Eraser di iOS 16 hanya mampu menghapus latar belakang, tetapi tidak dapat menambalnya sesuai dengan konteks foto.

Efek Bokeh pada Mode Portrait

Mode potrait sebenarnya sudah diluncurkan oleh Apple di perangkat iPhone 7 Plus. Dan saat ini, fitur bokeh di mode portrait sudah diterapkan di hampir semua perangkat.

Namun, mode portrait di iPhone hanya berfungsi untuk dalam penyesuaian kedalaman dan pencahayaan saja. Sedangkan di Samsung Galaxy Z Flip 4, Christine menemukan alat yang lebih kreatif dari yang ditawarkan Apple.

Seperti mengubah keburaman background menjadi background berwarna, skala abu-abu, bokeh lingkaran besar, atau bahwa menggunakan efek berputar dan zoom.

Alat Retouching

Di beberapa perangkat Android lainnya, alat retouching ini berguna untuk menyesuaikan atau memperbaiki foto sesuai dengan keinginan Anda, mulai dari menyesuaikan warna dan tekstur kulit, serta penyembuhan bintik tradisional untuk noda kecil.

Tidak hanya itu, dengan alat pengeditan ini Anda juga dapat mengubah ukuran pipi, ukuran mata, dan bahkan gigi sekalipun. Di OnePlus Nord N300 5G contohnya, terdapat pengaturan "otomatis" yang menggunakan teknologi AI untuk menentukan apa yang terbaik untuk foto tersebut.

Selective Color

Dengan fitur selective color yang bisa ditemukan di Google Pixel 7, alat ini dapat mengubah background foto menjadi abu-abu tanpa mengganti warna dari objek foto lain.

Di Pixel, ini adalah alat yang disebut "Color Focus" atau "Color Pop", tergantung apakah Anda melakukannya secara manual atau memilihnya sebagai saran otomatis. 

Penghapus Bayangan dan Refleksi

Selain Magic Erase, Samsung Galaxy Z Flip 4 juga memiliki fitur penghapusan lain yang disebut dengan Object Eraser. Di fitur ini, ada dua opsi penghapusan, yaitu penghapus bayangan dan penghapus refleksi. Namun, fitur-fitur ini masih tersedia dalam versi Beta, dan belum berjalan sempurna.

Terkait