Jika Twitter Membuat Anda Kesal, Ini Beberapa Aplikasi Lain yang Bisa Menjadi Alternatif
Truth Social, media sosial yang didirikan oleh mantan Presiden AS, Donald Trump. (foto: dok. pixabay)

Bagikan:

JAKARTA – Beberapa perubahan yang dilakukan oleh pemilik baru Twitter, Elon Musk, telah membuat beberapa pengguna kesal. Para pengguna yang aktif di platform microblogging itu kini mulai mencari alternatif media sosial lain.

Perubahan tersebut termasuk keputusan Musk untuk membebankan biaya untuk verifikasi pengguna, serta pendapatnya tentang moderasi konten. Hal ini dianggap telah membatasi dan membebani pengguna.

Sementara ada beberapa aplikasi media sosial lain yang menawarkan platform yang bisa menjadi alternatif bagi Twitter. .

Berikut adalah beberapa platform yang merupakan alternatif dari Twitter:

MASTODON

Diluncurkan pada tahun 2016, Mastodon adalah perangkat lunak open source untuk jaringan sosial terdesentralisasi, dengan beberapa fitur yang mirip dengan Twitter. Aplikasi Ini bebas dari iklan, memiliki batas 500 karakter, serta emoji khusus.

Menurut Kepala Eksekutif Mastodon , Eugen Rochko, Senin, 7 November, aplikasi memiliki lebih dari satu juta pengguna aktif bulanan dan menambahkan hampir setengah juta pengguna sejak 27 Oktober,

COHOST

Cohost adalah platform media sosial bebas iklan. Postingan yang dibuat di platform muncul dalam garis waktu yang berjalan secara vertikal, seperti Twitter.

Perusahaan mengatakan akan mengenakan biaya "beberapa dolar sebulan" dan akan segera mengambil tip dan menjual langganan.

TRUTH SOCIAL

Aplikasi ini didirikan oleh mantan Presiden AS, Donald Trump.  Truth Social adalah platform yang disukai oleh kaum konservatif di AS dan baru-baru ini diluncurkan di iOS Apple Inc dan Android milik Google.

Sayang, Truth Social hanya tersedia untuk pengguna di Amerika Serikat.

TRIBEL SOCIAL

Trible Social adalah sebuah "jejaring sosial akar rumput" yang digambarkan mandiri, tersedia di Apple App Store dan Android.

Platform ini memungkinkan pengguna untuk menargetkan audiens untuk meningkatkan keterlibatan pada posting dan mengatakan pengguna dapat menemukan ahli tentang topik diskusi.

PARLER

Parler yang berbasis di Nashville, yang telah setuju untuk menjual perusahaannya kepada rapper yang sebelumnya dikenal sebagai Kanye West, populer di kalangan kaum konservatif AS.

Didirikan pada tahun 2018, pendekatan  Parler yang lepas tangan terhadap moderasi konten telah membuatnya populer di kalangan pengguna yang tidak setuju dengan kebijakan Meta Platform Inc, di  Facebook serta Instagram dan Twitter, dalam moderasi konten.

TUMBLR

Tumblr adalah situs web media sosial yang diluncurkan pada tahun 2007 yang memungkinkan pengguna untuk memposting konten bergaya blog bentuk panjang dengan elemen media seperti foto dan GIF.

Aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk mengobrol satu sama lain seperti fungsi pesan langsung Twitter.

CLUBHOUSE

Platform yang menjadi tuan rumah ruang obrolan audio langsung mendapatkan popularitasnya di puncak masa pandemi.

Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mengobrol dengan orang-orang di seluruh dunia dalam apa yang disebutnya "Kamar" (Room) di mana seseorang dapat memulai ruang obrolan audio dan mendiskusikan topik yang menarik.

Aplikasi itu tidak mengikuti sistem khusus undangan bagi pengguna untuk mengakses platform.