Bagikan:

JAKARTA - Setelah menjadi perbincangan publik, Apple akhirnya mengizinkan nama aplikasi rebranding Twitter, X di App Store-nya.

Elon Musk sebagai bos X, telah mengumumkan perubahan logo Twitter menjadi X tepat seminggu yang lalu. Setelahnya, berbagai media sosial resmi perusahaan pun turut berganti logo.

Sayangnya, tidak dengan aplikasinya di App Store yang masih mencantumkan nama Twitter bukan X. Hal ini karena, Apple tidak mengizinkan pengembang untuk menamai aplikasi mereka hanya dengan satu karakter.

Meskipun nama aplikasi di iOS bisa hingga 30 karakter, namun panjangnya harus minimal dua karakter. Jika tidak, nama aplikasi akan ditolak oleh Apple.

Dari pantauan VOI, tampaknya sekarang Apple sudah melonggarkan kebijakannya dengan mengizinkan aplikasi itu menamai dirinya X.

Menunjukkan, aplikasi tersebut mendapat perlakuan khusus dari Apple untuk mengizinkan nama karakter tunggal, seperti dikutip dari The Verge, Selasa, 1 Agustus.

Sekarang, jika pengguna produk Apple mencari X atau Elon Musk di App Store, maka akan muncul aplikasi media sosial X di sana, bersama slogannya Blaze your glory!.

Saat ini, X juga sedang dalam proses mengganti nama layanan langganannya dari Twitter Blue menjadi X Blue. Berbanding terbalik di Play Store, Google telah mengizinkan aplikasi tersebut menamai dirinya dengan X bukan Twitter di Android, tanpa perlu menunggu waktu lama.

Sementara, di antara aplikasi yang terpasang di Android, aplikasi itu masih menjadi Twitter dan ID paket aplikasi (APK) tetap beralamatkan com.twitter.android secara internal.