Bagikan:

JAKARTA - Setelah menghentikan aplikasi X dulu dikenal Twitter untuk Mac minggu ini, X kini justru mendukung penggunaan aplikasi iPad yang tidak dimodifikasi pada Mac dengan Apple Silicon, fitur yang diperkenalkan dengan macOS Big Sur. Meskipun awalnya aplikasi ini memiliki masalah di mana pengguna akan ditangguhkan karena menggunakannya, tampaknya sekarang aplikasi ini justru aman untuk digunakan.

Twitter untuk Mac awalnya diluncurkan pada tahun 2019 bersamaan dengan kerangka kerja baru Catalyst di macOS Catalina. Versi ini memungkinkan insinyur Twitter menggunakan sebagian besar basis kode dari aplikasi iOS tanpa banyak modifikasi untuk kompatibilitas macOS. Namun, setelah Elon Musk mengakuisisi Twitter pada tahun 2022, pengembangan Twitter untuk Mac sepenuhnya dihentikan.

Penghentian pengembangan ini menyebabkan aplikasi tersebut semakin tidak terhubung dengan layanan Twitter lainnya. Pengguna harus membuka aplikasi web jika ingin membaca postingan lebih dari 280 karakter. Selain itu, aplikasi ini tidak mendukung halaman "For You" yang baru dan tidak memiliki dukungan untuk verifikasi apa pun setelah tanda centang "warisan" dihapus pada April 2023, dan aplikasi tersebut tidak pernah mendukung Twitter Blue.

Setelah hampir dua tahun tanpa pembaruan, aplikasi tersebut akhirnya dihapus dari App Store minggu ini, dengan popup yang memaksa pengguna keluar dari aplikasi. Meskipun pengguna masih bisa menutup popup dan terus menggunakan aplikasi, sekarang jelas bahwa aplikasi Catalyst lama tidak akan didukung lagi. Tak lama setelah penghapusannya, aplikasi iPad muncul di Mac App Store.

Aplikasi iPad di Mac dengan Apple Silicon

Ketika Apple mengumumkan transisi Mac ke Apple Silicon di WWDC 2020, mereka mengumumkan bahwa Mac dengan Apple Silicon akan dapat menjalankan aplikasi iPhone atau iPad apa pun, selama pengembang tidak memilih untuk tidak ikut serta. Sayangnya, sebagian besar pengembang besar memilih untuk tidak ikut serta. Ada beberapa cara untuk menyisipkan aplikasi iOS ke Mac, tetapi mereka tidak selalu berfungsi.

Tidak seperti Catalyst, tidak diperlukan modifikasi untuk mendapatkan aplikasi iPad di Mac App Store, karena Mac dengan Apple Silicon mendukung semua kerangka kerja iOS. Meskipun pengalaman sempurna tidak dijamin segera, aplikasi ini umumnya cukup stabil. Aplikasi iPad di Mac dengan Apple Silicon adalah cara yang bagus bagi tim kecil untuk mendukung Mac secara native tanpa perlu mendedikasikan waktu yang signifikan, terutama setelah sejumlah besar PHK terjadi pada tim teknik X di akhir 2022 dan awal 2023.

X untuk iPad  

Aplikasi iPad yang berjalan di Mac memberikan pengalaman yang sangat mirip dengan iPad dan tidak menggunakan banyak sumber daya. Aplikasi ini juga mendukung notifikasi push dengan baik, yang tidak pernah bekerja konsisten di aplikasi web.

Aplikasi Twitter lama untuk Mac menjadi bermasalah seiring waktu, terutama karena tidak diperbarui secara aktif dan semakin tidak sinkron dengan perubahan server backend. Misalnya, spanduk profil tidak lagi dimuat, mencari tweet tidak menghasilkan apa pun, dan terkadang aplikasi tersebut membeku.

Dengan aplikasi iPad yang baru, pengguna dapat memanfaatkan perubahan Twitter selama 2 tahun terakhir. Fitur seperti pencarian bookmark, X Articles, Langganan Pembuat, balasan/reaksi di DM, dan semua fitur kustomisasi X Premium kini tersedia secara native di Mac.

Namun, aplikasi iPad ini tidak sempurna. Seperti yang ditunjukkan oleh beberapa pengguna, aplikasi iPad baru tidak mendukung streaming timeline. Pada aplikasi Mac lama, pengguna bisa mempertahankan timeline tetap ter-pin di atas, dan tweet baru akan muncul tanpa perlu berinteraksi dengan aplikasi. Selain itu, banyak interaksi yang biasanya diakses dengan klik kanan sebenarnya berada di balik tekan lama, yang tidak sesuai dengan ekspektasi di Mac. Ada juga bug di mana mengetik di bilah pencarian tidak menampilkan apa yang diketik, meskipun itu mungkin disebabkan oleh beta macOS Sequoia.

Secara keseluruhan, akan lebih baik jika ada aplikasi Mac yang benar-benar dioptimalkan lagi untuk X. Namun, pengguna tidak lagi harus berurusan dengan aplikasi web yang tidak dioptimalkan yang menggunakan 1-2GB RAM per tab, bahkan di Safari.

Masalah penangguhan juga perlu disebutkan. Meski "bug" ini cukup aneh, penangguhan yang salah diperbaiki dalam waktu 24 jam. Tidak jelas bagaimana aplikasi ini dirilis tanpa ada karyawan yang mencobanya terlebih dahulu, tetapi begitulah adanya.