Bagikan:

JAKARTA - Elgato mengumumkan bahwa rangkaian aksesori Stream Deck yang sangat populer untuk Mac akan hadir di iPad. Perusahaan mengajak para pengembang aplikasi untuk ikut serta dalam pengujian.

Sebelumnya, hanya ada satu Stream Deck untuk pengguna Mac yang streaming video, namun kini sudah ada berbagai perangkat Stream Deck. Alat-alat ini merupakan perangkat yang sangat berguna bagi semua pengguna Mac — dan sebentar lagi, juga untuk pengguna iPad.

Stream Deck menyediakan serangkaian tombol perangkat keras — mulai dari tiga tombol pada pedal Stream Deck hingga 32 tombol pada Stream Deck XL. Setiap tombol sebenarnya adalah layar yang memungkinkan pengguna memprogramnya untuk melakukan berbagai hal dan menambahkan ikon atau gambar yang berbeda pada setiap tombol.

Elgato mengumumkan Stream Deck Kit, namun bukan perangkat Stream Deck itu sendiri. Ini adalah SDK open-source yang sedang dikembangkan oleh Elgato agar pengembang dapat mengintegrasikan dukungan Stream Deck ke dalam aplikasi mereka.

"Selama bertahun-tahun, Stream Deck telah dicintai oleh pengguna desktop karena fleksibilitas dan kemudahan penggunaannya," kata perusahaan dalam sebuah video. "Itulah mengapa kami sangat bersemangat untuk membawa kekuatan Stream Deck ke iPad untuk pertama kalinya dengan memperkenalkan Stream Deck Kit dan membuka dunia kemungkinan bagi pengguna baru."

Integrasi dengan iPad

Saat ini tidak ada aplikasi publik. Pengumuman ini adalah rilis alfa dan ajakan kepada pengembang untuk bergabung dalam proyek ini. Pada akhirnya, Stream Deck Elgato akan terhubung ke port USB-C iPad M1 atau yang lebih baru, dan berfungsi seperti di Mac.

Di Mac, aplikasi Elgato Stream Deck berjalan di latar belakang. Namun, cara kerja iPadOS tidak memungkinkan hal ini. Elgato berencana agar aplikasi iPad mengontrol Stream Deck.

Dengan demikian, saat Anda beralih dari satu aplikasi ke aplikasi lain, tanggung jawab dan kontrol perangkat Stream Deck bergerak bersama Anda. Ini berarti Stream Deck untuk iPad akan memiliki kemampuan untuk mengubah semua tombol dan fungsinya sesuai dengan aplikasi yang sedang Anda gunakan.

Masih belum jelas apa yang akan terjadi pada Stream Deck ketika pengguna tidak berada dalam aplikasi apa pun. Juga belum jelas apa yang akan terjadi jika pengguna berada dalam aplikasi, tetapi aplikasi tersebut tidak mendukung API Stream Deck Kit yang baru.

Elgato akan membuat pengumuman tentang rilis publiknya pada akhir 2024. Saat ini, mereka telah menerbitkan dokumentasi pengembang dan juga merilis versi uji awal aplikasi pengontrol iPad Stream Deck Connect melalui TestFlight.

Elgato memperluas ekosistem Stream Deck mereka ke pengguna iPad, menawarkan kemungkinan baru bagi pengguna iPad untuk mengoptimalkan produktivitas mereka dengan alat yang sudah terbukti efektif di platform Mac. Ini adalah langkah yang menarik bagi pengguna iPad dan komunitas pengembang aplikasi.