Nvidia Luncurkan Layar Virtual Tanpa <i>Green Screen</i> untuk OBS Studio, Belum Sempurna  tapi Mengesankan
Nvidia Broadcast munculkan layar virtual tanpa green screen. (foto: dok. pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Perangkat lunak streaming open-source yang populer, OBS Studio, mendapatkan beberapa fitur baru. Fitur ini termasuk latar belakang virtual bertenaga AI dari Nvidia Broadcast yang memungkinkan pengguna untuk mengubah lingkungan virtual tanpa menggunakan layar hijau (green screen).

Fitur ini memang masih jauh dari sempurna dan tidak akan menggantikan kualitas layar hijau secara fisik, tetapi fitur ini berfungsi dengan baik. Ada sedikit kedipan dan bulu saat pengguna bergerak, tetapi untuk streamer yang memperkecil webcam mereka ke sudut kecil siaran mereka, maka masalah ini tidak akan terlalu terlihat.

Kualitasnya juga dapat ditingkatkan lebih lanjut dengan pencahayaan yang kuat dan lingkungan latar belakang yang jelas.

Streamer selama ini sering menggunakan perangkat lunak penyiaran OBS pada layanan seperti Twitch atau YouTube. Sebelumnya, dimungkinkan untuk menggunakan layar hijau virtual di OBS melalui plugin, tetapi Nvidia Broadcast akan membuat fitur ini lebih mudah diakses. Mereka yang menggunakan kartu grafis Nvidia RTX mungkin sudah menginstal perangkat lunak, dan Nvidia Broadcast juga terintegrasi dengan banyak perangkat keras dan aplikasi streaming populer.

Misalnya, Corsair mengintegrasikan alat Nvidia Broadcast ke dalam perangkat lunak iCue dan Elgato pada Juli 2022, yang memungkinkan mereka yang mengandalkan perangkat keras Corsair atau Elgato untuk memanfaatkan fitur-fitur tertentu seperti penekanan kebisingan latar belakangnya yang mengesankan.

Elgato Camera Hub juga mendapat akses ke Latar Belakang Virtual saat ini, yang memungkinkan streamer mengakses fitur Nvidia Broadcast tanpa membuka aplikasi secara langsung.

Latar Belakang Virtual adalah satu-satunya fitur khusus Nvidia yang ditambahkan ke versi terbaru OBS (versi 28.0) tetapi ada pula fitur Siaran non-Nvidia lainnya yang muncul ke layanan, seperti dukungan untuk pengkodean video efisiensi tinggi (HEVC atau H.265) dan rentang dinamis tinggi (HDR).

Ini akan meningkatkan kompresi video sekitar 15%, menurut OBS,  dan memungkinkan streaming berkualitas lebih tinggi ke layanan yang didukung. Tidak diragukan lagi beberapa pengujian pihak ketiga akan memeriksa seberapa bermanfaat fitur ini sebenarnya untuk kinerja dunia nyata.

Penghapusan gema ruangan juga diperkenalkan ke OBS untuk membantu mengurangi gema yang tidak diinginkan selama sesi streaming, meskipun perlu dicatat bahwa ini tidak terdaftar sebagai penekan kebisingan latar belakang Nvidia Broadcast, dan karena itu kemungkinan akan menjadi fitur OBS langsung daripada integrasi pihak ketiga.

Versi 28.0 aplikasi telah muncul dalam versi beta sejak awal Agustus, tetapi akan tersedia untuk diunduh publik beberapa waktu hari ini.