Bagikan:

JAKARTA – Banyak yang percaya bahwa screenshot atau tangkapan layar yang diambil di monitor komputer akan selalu pecah, meskipun resolusinya 1080p. Padahal, tangkapan layar juga bisa menghasilkan gambar terbaik.

Bahkan, monitor Anda yang hanya 1080p bisa menghasilkan tangkapan layar 4K tanpa perlu membeli monitor dengan resolusi yang lebih tinggi. Berikut ini cara mengambil tangkapan layar 4K di monitor komputer 1080p, dikutip dari How to Geek.

Ambil Screenshot dengan Teknik Supersampling

NVIDIA dan AMD menawarkan tangkapan layar beresolusi tinggi melalui supersampling atau teknik khusus. Dengan metode ini, kartu grafis akan me-render gambar dengan resolusi tertinggi, lalu memperkecil sesuai dengan layar Anda.

Metode ini akan menghasilkan tangkapan layar yang jauh lebih tajam dan terperinci karena lebih banyak pixel yang digunakan. Berikut ini cara menggunakan supersampling untuk menangkap layar di monitor dengan GPU NVIDIA dan AMD.

  1. Klik kanan pada desktop, lalu pilih NVIDIA Control Panel.
  2. Buka Kelola Pengaturan 3D di sidebar kiri.
  3. Gulir layar ke bawah dan cari DSR - Faktor di tab Pengaturan Global.
  4. Gulir jendela yang muncul dan beri tanda centang di samping kotak resolusi 4.00x.
  5. Klik Terapkan dan tutup NVIDIA Control Panel.
  6. Klik kanan lagi di desktop, buka Display Settings.
  7. Pilih 3840 x 2160 sebagai Display Resolution, kemudian klik opsi Scale dan ubah ke 200%.

Jika sudah melakukan tahapan di atas, Anda bisa langsung mengambil tangkapan layar apa pun. Ada banyak metode screenshot yang bisa dilakukan, salah satunya adalah menggunakan pintasan keyboard Windows + Print Screen.