Bagikan:

JAKARTA – WhatsApp, platform di bawah naungan Meta, memiliki banyak fitur yang bisa digunakan para penggunanya. Beberapa fitur mungkin sudah Anda lihat dan coba, tetapi fitur lainnya mungkin belum Anda lihat.

Jika Anda hanya menggunakan WhatsApp untuk bertukar pesan atau melakukan panggilan telepon, Anda mungkin tidak tahu kalau WhatsApp memiliki beberapa fitur ini. Berikut ini beberapa fitur WhatsApp yang Anda ketahui, dikutip dari How to Geek.

Atur Notifikasi untuk Obrolan Tertentu

Sebagai platform perpesanan yang sering digunakan untuk berinteraksi atau bekerja, Anda mungkin mendapatkan menerima banyak pesan masuk. Dengan banyaknya pesan yang diterima, Anda akan sulit mengetahui siapa saja yang mengirim pesan.

Untuk mengetahui pengirim pesan secara spesifik tanpa perlu melihat notifikasi ponsel, Anda bisa mengubah nada notifikasi dari pengirim tertentu melalui fitur Notifikasi Kustom. Fitur ini bisa membuat Anda membalas pesan dengan cepat untuk orang tertentu.

Untuk mengatur nada notifikasinya, buka ruang obrolan dengan orang yang ingin Anda ubah nada notifikasinya, ketuk namanya, lalu buka menu Notifikasi. Setelah itu, klik Nada Peringatan dan pilih nada yang ingin Anda gunakan.

Buat Avatar dan Stiker Kustom

Fitur berikutnya yang mungkin belum Anda coba adalah pembuatan avatar dengan wajah Anda. Fitur ini sangat menarik karena avatar yang telah dibuat bisa dijadikan stiker dan bisa digunakan di ruang obrolan.

Untuk membuat avatar, buka Pengaturan dan ketuk menu Avatar, lalu klik opsi Buat Avatar Anda. Setelah itu, ikuti seluruh petunjuk yang muncul di layar hingga WhatsApp selesai membuat avatarnya dan dua menu baru muncul.

Menu Avatar kini akan menampilkan menu Telusuri Stiker dan Buat Foto Profil. Dengan Telusuri Stiker, Anda bisa melihat stiker khusus untuk avatar yang dibuat, sedangkan menu Buat Foto Profil akan membantu Anda memilih avatar untuk dijadikan foto profil.

Gunakan Wallpaper Kustom

Fitur terakhir yang mungkin menarik untuk Anda coba adalah mengatur wallpaper di beberapa obrolan. Jika Anda sering bertukar pesan dengan orang yang sama, baik itu teman, kerabat, atau pasangan, Anda bisa mengubah wallpaper-nya agar ruang obrolan lebih menarik.

Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu membuka ruang obrolan dengan siapa pun, lalu ketuk nama kontaknya. Setelah itu, ketuk menu Wallpaper, klik Pilih Wallpaper Baru, lalu pilih opsi yang tersedia atau gunakan wallpaper dari galeri Anda. Jika sudah, ketuk Tetapkan.