Bagikan:

JAKARTA - Apple belakangan telah mendapat protes dari para orang tua yang menerapkan Screen Time atau Waktu Layar pada ponsel untuk digunakan anak-anak, tetapi fitur itu tidak bekerja dengan maksimal.

Perusahaan mengaku, ternyata terdapat bug atau masalah yang menyebabkan fitur Screen Time tidak berfungsi dan justru memberikan akses tidak terbatas untuk anak-anak mereka bermain perangkat.

Tampaknya, pengaturan Screen Time diatur ulang ke mode default meskipun perubahan telah dilakukan oleh para orang tua tersebut, yang memprotes hal ini di forum Apple, menurut laporan Wall Street Journal (WSJ).

Diketahui, Screen Time merupakan sebuah fitur dalam alat Family Sharing berbasis cloud, di mana orang tua bisa mengatur batas waktu layar, batasan konten dan privasi di seluruh perangkat Apple.

Dalam pengaturan Screen Time tersebut, Downtime (Waktu Henti) dapat digunakan orang tua untuk menentukan berapa jam setiap hari anak-anak mereka bisa menggunakan perangkat, membatasi penggunaan mereka atau membuat perangkat tidak dapat digunakan.

WSJ menemukan, pengaturan Downtime gagal disimpan dengan benar. Dalam satu kasus, seseorang harus menyetel batas fitur itu tiga kali sebelum disimpan dengan benar.

Mengakibatkan, anak-anak memiliki lebih banyak akses ke perangkat mereka daripada yang diinginkan orang tua.

Apple kemudian mengonfirmasi memang terdapat bug dan saat ini sedang mengerjakan solusinya. Sayangnya, perusahaan tidak menjelaskan akar masalah dari peristiwa itu.

"Kami menyadari bahwa beberapa pengguna mungkin mengalami masalah di mana pengaturan Waktu Layar tiba-tiba diatur ulang," jelas Apple, dikutip dari The Verge dan Mashable, Senin, 31 Juli.

“Kami menangani laporan ini dengan sangat serius dan kami telah, dan akan terus, membuat pembaruan untuk memperbaiki situasi," imbuhnya.