Fitur Baru Screen Time Akan Kirimkan Pesan Langsung Jika Anak Ingin Perpanjangan Waktu Bermain
Pembaruan fitur Kontrol Orang Tua untuk iOS 16 (foto: Apple)

Bagikan:

JAKARTA - Selama acara WWDC Apple, perusahaan mengumumkan fitur baru dalam Screen Time, atau istilah lain untuk menyebut kontrol orang tua di ponselnya. Fitur ini akan hadir dengan pembaruan iOS 16.

Screen Time mungkin sudah diluncurkan sejak tahun 2018 lalu. Dengan Screen Time, Anda sebagai orang tua dapat mengontrol apa-apa saja yang dilakukan anak Anda menggunakan perangkat Apple nya serta mengatur waktu bermainnya. 

Dalam pembaharuannya, Anda akan menerima notifikasi melalui iMessage jika putra dan putri tersayang Anda meminta perpanjangan waktu untuk membuka aplikasi favoritnya. 

Jika sebelumnya, Anda harus menavigasi ke Pengaturan untuk menyetujui waktu tambahan. Dengan pembaruan, orang tua dapat merespons langsung dari Pesan yang dikirimkan. 

Fitur ini memungkinkan Anda untuk memberi orang tua empat opsi, yaitu setujui selama 15 menit, satu jam, sepanjang hari, atau tidak setuju. Fitur ini akan hadir dengan pembaruan perangkat lunak iOS 16 baru Apple musim gugur ini. 

Pengumumannya pembaruan ini hadir bersama pengumuman lainnya yaitu fitur Quick Start. Dengan fitur ini, memungkinkan orang tua untuk mengatur batasan sesuai usia anaknya untuk aplikasi, film, buku, dan musik. 

Orang tua dapat mengatur semua dengan kontrol setelah disesuaikan. Apple juga akan menyarankan batasan sesuai usia berdasarkan usia anak jika orang tua tidak ingin mengkonfigurasi secara manual. 

Fitur lainnya yang diumumkan oleh Apple adalah Family Checklist. Fitur ini akan menyertakan tips bermanfaat seperti cara memperbarui pengaturan anak saat mereka bertambah besar, cara mengaktifkan berbagi lokasi, dan informasi tentang cara berbagi langganan iCloud Plus Anda dengan semua orang.