Ini Sejumlah Fitur Baru yang Tersedia di Apple CarPlay
CEO Apple Inc., Tim Cook saat tampil di WWDC 2022. (foto; twitter @tim_cook)

Bagikan:

JAKARTA –CEO Apple Inc., Tim Cook, mengumumkan pembaruan signifikan untuk CarPlay di acara Konferensi Pengembang Seluruh Dunia(WWDC) 2022, Senin 6 Jun. Mereka ingin meningkatkannya dari sistem infotainment ke solusi perangkat lunak yang akan memungkinkan pengemudi untuk mengontrol bagian-bagian mobil mereka dan menunjukkan lebih banyak informasi seperti kecepatan dan tingkat bahan bakar.

Pembuat iPhone ini mengatakan sedang berbicara dengan beberapa pembuat mobil untuk membawa perangkat lunak generasi baru ke mobil mereka, yang akan diumumkan mulai akhir 2023.

Beberapa hal ini sedang dikerjakan Apple untuk CarPlay:

Layar Ganda

CarPlay akan mendukung beberapa layar pada mobil terlepas dari ukuran dan tata letak dan akan dapat menampilkan informasi termasuk cuaca dan navigasi. Ini terlihat dalam gambar yang diposting selama presentasi WWDC.

Widget yang didukung oleh iPhone akan tersedia di semua layar di kendaraan termasuk kluster instrumen, dengan berbagai gaya dial, tata letak, tema, dan warna.

Kerja Sama dengan Pengembang Mobil  Generasi Berikutnya

Apple memberikan daftar panjang pembuat mobil yang dapat mendukung program tersebut. Di antara nama-nama terkemuka adalah Ford Motor Co, Renault SA, Mercedes Benz, Volvo, Honda Motor Co  dan Jaguar Land Rover.

Integrasi dengan iPhone

Dengan CarPlay generasi berikutnya, pengemudi akan dapat mengubah pengaturan suhu, menggunakan aplikasi seperti Buku Audio, Berita, Podcast, dan menyetel radio mobil tanpa meninggalkan antarmuka CarPlay.

Sementara iPhone akan berkomunikasi dengan sistem kendaraan secara real time dalam "cara ramah privasi" untuk menunjukkan informasi mengemudi seperti kecepatan, tingkat bahan bakar dan suhu.