Bagikan:

JAKARTA - Apple Inc pada Senin, 6 Juni mengumumkan bahwa mereka akan lebih mengintegrasikan perangkat lunaknya ke dalam sistem penggerak inti mobil. Ini menegaskan sikap Apple yang akan terus mengeksplorasi bisnis di sektor otomotif yang makin menjanjikan. Apple mengumumkan ini di WWDC (Worldwide Developer Conference ) 2022, konferensi pengembang perangkat lunak tahunan.

Perusahaan teknologi asal Cupertino AS ini juga memamerkan dasbor mobil baru yang dikatakan dapat menampilkan data dari instrumen utama seperti kecepatan, tingkat bahan bakar, dan jarak tempuh. Apple mengatakan sedang dalam pembicaraan dengan pembuat mobil seperti Ford Motor Co, Nissan Motor Co  dan Honda Motor Corp.

Perangkat lunak ini menghubungkan lebih dalam ke sistem penggerak inti daripada versi sebelumnya yang terbatas pada tampilan infotainment kendaraan untuk memutar musik dan menampilkan peta. Apple mengatakan kendaraan yang menggunakan perangkat lunak tersebut tidak akan diumumkan hingga akhir tahun depan.

Polestar, pembuat kendaraan listrik premium yang dimiliki oleh Geely China dan Volvo Cars, juga telah memasang versi Apple CarPlay saat ini ke dalam mobil Polestar 2 melalui pembaruan over-the-air akhir bulan ini. Hanya saja  juru bicara Polestar, JP Canton, masih belum mau menjelaskan mobil Polestar mana yang akan mendapatkan versi yang lebih baru yang diumumkan Apple pada Senin lalu.

Dilaporkan oleh Reuters, Seorang juru bicara Ford, yang mengumumkan kesepakatan perangkat lunak dengan Google Alphabet tahun lalu, menolak mengomentari pengumuman Apple ini. Ford dan pembuat mobil lainnya telah membentuk sejumlah aliansi dengan perusahaan industri teknologi besar termasuk Apple, Google dan Amazon.com.

Tetapi pembuat mobil ini tetap waspada untuk mengizinkan raksasa teknologi mengakses data yang dihasilkan oleh mobil yang terhubung, atau untuk memungkinkan mereka mengganti merek pembuat mobil dengan merek mereka sendiri di tampilan dasbor.

Di sisi lain pembuat iPhone asal Amerika Serikat ini juga meluncurkan banyak fitur untuk pembayaran dan kolaborasi bisnis.

Di WWDC 2 Apple juga mengumumkan bahwa laptop MacBook Air barunya didesain ulang dengan prosesor silikon M2 baru, yang disebut 35% lebih cepat dari chip M1 sebelumnya.

Laptop baru ini akan memiliki berat 2,7 pon (1,2 kg) dan memiliki kamera definisi tinggi 1080p untuk memberikan gambar yang lebih baik saat panggilan video. MacBook Air akan mulai dari 1.199 dolar AS (Rp17,3 juta).

Chip M2 juga akan memberi daya pada MacBook Pro 13 inci, yang akan dijual mulai dari 1.299 dolar AS dan tersedia bulan depan. Harga lebih rendah 100 dolar AS untuk pelanggan dari pelajar dan mahasiswa karena Apple menargetkan pasar back-to-school.

Apple juga mengumumkan bahwa pengguna dapat membeli sekarang dan membayar nanti untuk pembelian tersebut. Apple Pay Later akan tersedia di mana pun Apple Pay diterima dan dikelola melalui Apple Wallet.

Pengguna dapat melakukan empat pembayaran yang sama tanpa bunga atau biaya. Langkah ini menempatkan Apple dalam persaingan arah dengan penyedia pembayaran seperti Affirm Holdings Inc  dan PayPal Holdings Inc.

Sementara itu iPad Apple juga menerima perombakan sistem operasinya untuk memudahkan pengguna menangani beberapa aplikasi dan tampilan serta berkolaborasi dengan lebih mudah pada dokumen yang berfokus pada bisnis seperti presentasi.

Apple juga mempratinjau aplikasi bernama Freeform, yang akan bertindak sebagai papan tulis virtual yang dapat disentuh banyak pengguna untuk berbagi ide selama rapat video melalui layanan FaceTime Apple. Fitur produktivitas ini menempatkan Apple dalam persaingan yang lebih langsung dengan Microsoft, yang komputer tablet Surface-nya populer di kalangan pengguna bisnis.

Apple juga menambahkan tombol edit ke iMessage untuk pesan terkirim. Ini mengalahkan fitur edit dari Twitter yang sudah lama diminta oleh para penggunanya.

Raksasa teknologi itu juga menambahkan alat yang disebut "Pemeriksaan Keamanan" untuk mematikan akses ke informasi sensitif bagi orang-orang dalam situasi yang kasar.

Apple memperkenalkan teknologi baru yang disebut Passkeys untuk menggantikan kata sandi di situs web. Apple mengatakan Passkeys lebih aman daripada password tradisional karena Passkeys tidak pernah disimpan di server web. Perusahaan mengatakan sedang bekerja untuk memungkinkan penggunaan Passkeys dengan perangkat non-Apple.

Apple juga memperkenalkan tweak ke aplikasi populer termasuk skor olahraga langsung di Apple TV, membuat aplikasi menonton video bersama tersedia di perpesanan dan tab bersama di browsernya. Saham Apple ditutup naik kurang dari 1%, serupa dengan level mereka di awal presentasi.

Sejauh ini, Apple hanya memberikan beberapa pembaruan kepada pengembang augmented reality. Ini memperkenalkan antarmuka baru yang disebut RoomPlan, yang menggunakan iPhone dan iPad untuk membuat denah lantai 3-D sebuah ruangan.

Apple tidak memberikan petunjuk tentang perangkat masa depan seperti headset realitas campuran. Perangkat semacam itu akan menjadi entri pertama Apple ke dalam kategori perangkat komputasi baru sejak Apple Watch dikirimkan pada 2015 dan akan bersaing langsung dengan Meta Platform Inc., yang telah mengungkapkan rencana untuk kode headset realitas campuran bernama " Cambria" yang akan dirilis tahun ini.