Intip Kejutan Apa Saja yang Akan di Bawa Apple Saat WWDC 2020
Ilustrasi (Foto: WWDC 2020/Dok. Apple)

Bagikan:

JAKARTA - Pagelaran tahunan terbesar Apple, Worldwide Developers Conference (WWDC) selalu ditunggu-tunggu. Tak heran, karena Apple selalu membawa kejutan dengan berbagai perubahan pada perangkat pintarnya.

Mengutip CNET, Minggu 21 Juni, acara tersebut dikabarkan akan berlangsung besok Senin 22 hingga Jumat 26 Juni mendatang, dan tentunya sama dengan peluncuran iPhone SE 2020 kemarin yang masih dalam bentuk konferensi digital. Sebab, pandemi COVID-19 di seluruh dunia masih pada angka yang cukup mengkhawatirkan.

Tidak sedikit yang bertanya-tanya inovasi baru apakah yang akan dibawa oleh Apple ke WWDC-nya nanti. Banyak yang berspekulasi bahwa Apple akan mengungkap tampilan pertama pada masa depan iOS, macOS, watchOS, dan tvOS serta berbagai rangkaian perangkat lunak yang memberi daya pada semua perangkat keras Apple.

Lebih dari sekadar itu, Apple dilaporkan akan menggunakan WWDC untuk mengumumkan perubahan dari prosesor berbasis Intel ke chip ARM yang dirancang khusus untuk desktop Mac. Ini akan menjadi perubahan mendasar bagi produk komputer Apple secara keseluruhan.

Berikut sejumlah rangkaian apa saja yang akan di bawa Apple ke pagelaran terbesar tahunan mereka, yuk simak!

IOS 14

Pembaruan iOS tahunan, seperti biasa hal itu diharapkan menjadi salah satu fokus utama Apple tahun ini, meskipun serangkaian kebocoran telah mencuat, tetapi berkat versi awal perangkat lunak yang berhasil diluncurkan ke dunia awal tahun ini, telah memberikan sedikit lebih banyak dari pratinjau dari biasanya tentang apa yang diharapkan.

Apple dikabarkan akan menambahkan tampilan wallpaper baru yang akan di-loop di aplikasi pihak ketiga untuk pertama kalinya. Selain itu, Apple juga akan menawarkan tampilan Android-esque dari semua aplikasi di perangkat pintar dengan berbagai opsi penyortiran, termasuk pembaruan pada Siri.

Dilaporkan pabrikan asal Cupertino, California itu pun mempertimbangkan untuk mengizinkan aplikasi pihak ketiga ditetapkan menjadi aplikasi default iOS sebagai pengganti dari alternatif buatan Apple. Sebenarnya hal ini bisa menjadi masalah besar, jika itu terjadi, terutama dengan sorotan tegas pada Apple yang menghadapi tuntutan hukum antimonopoli di Uni Eropa atas tuduhan bahwa mereka mendukung aplikasi dan layanannya sendiri.

Akan muncul juga aplikasi augmented reality (AR) baru, dengan nama kode "Gobi," yang akan menawarkan beberapa fungsi yang tidak diketahui. Selanjutnya, Apple dirumorkan akan meluncurkan fitur CarKey yang akan memungkinkan pengguna menggunakan iPhone atau Apple Watch sebagai kunci mobil melalui NFC untuk membuka mobil mereka.

Ada juga fitur HomeKit baru yang dilaporkan, seperti kemampuan untuk mengotomatiskan perubahan suhu warna untuk lampu sepanjang hari. Plus, iOS 14 dikabarkan akan menambah fitur aksesibilitas yang ditingkatkan untuk pengguna dengan gangguan pendengaran.

iPadOS 14

Tahun lalu, Apple memecah versi iPad dari iOS menjadi, iPadOS. Mengingat, pada intinya, iPadOS pada dasarnya masih iOS, ada rumor iPadOS akan ditambahkan fitur PencilKit baru yang secara otomatis dapat mengubah tulisan tangan menjadi teks standar.

WatchOS 7

Untuk jam tangan pintar, Apple akan menambahan fitur pelacakan tidur, meski tidak jelas kebenarannya karena fitur ini membutuhkan perangkat keras tambahan. Rumor lain menunjukkan bahwa pelacakan oksigen darah mungkin datang ke WatchOS 7, serta fitur kontrol orangtua untuk anaknya.

TvOS 14

Sistem TvOS saat ini disematkan pada Apple TV dan HomePod. Perubahan yang dibawa pada Apple TV dikabarkan akan ada fitur Kids mode untuk platform tersebut dengan Screen Time untuk memantau berapa lama waktu yang dihabiskan untuk menonton TV.

Pembaruan pada HomePod, rumor bahwa Apple mungkin mengurangi aplikasi default juga dapat membawa manfaat di sini, seperti mengaktifkan aplikasi pihak ketiga Spotify untuk bekerja pada speaker pintar melalui asisten suara Siri Apple.

Mac Beralih ke ARM

Apple dikabarkan akan meluncurkan chip berbasis ARM sendiri untuk generasi berikutnya dari laptop Mac untuk menggantikan prosesor Intel yang telah digunakan sejak 2006.

Menurut laporan, perubahan tersebut disebabkan oleh kekhawatiran Apple tentang peningkatan kinerja Intel. Chip ARM baru dikatakan menawarkan kinerja yang jauh lebih baik untuk tugas-tugas grafis dan AI, juga lebih hemat daya (artinya laptop Mac ke depannya akan memiliki baterai yang cukup hemat).

Dan tentu saja, dengan tidak mengandalkan Intel, Apple dapat mendesain chipset yang sepenuhnya sesuai dengan spesifikasinya, alih-alih mengandalkan roadmap perusahaan lain, strategi yang digunakan untuk memberi pengaruh besar pada perangkat iPhone dan iPad, yang telah menggunakan Apple kustom Chip yang dirancang sejak iPad asli dan iPhone 4 lalu.

iMac Baru

iMac telah lama ditunggu untuk penyegarannya, sudah bertahun-tahun sejak Apple memperbarui desktop utamanya dengan desain baru, dan rumor menunjukkan bahwa kita bisa mendapatkan satu di WWDC yang mengurangi bezel, memperluas tampilan hingga 23 inci dan menawarkan desain yang lebih dekat dengan Pro Display XDR yang diumumkan WWDC di tahun sebelumnya.