Bagikan:

JAKARTA - Apple secara resmi telah mengumumkan tanggal untuk pergelaran Worldwide Developers Conference (WWDC) tahunannya. Tahun ini, acara tersebut akan berlangsung sepenuhnya secara virtual dari 6 Juni hingga 10 Juni.

Kali ini di WWDC, diharapkan Apple akan mengumumkan masa depan sistem operasinya termasuk iOS 16, watchOS 9, dan macOS 13.

"Apple hari ini mengumumkan akan menjadi tuan rumah WWDC tahunan dalam format online mulai 6 hingga 10 Juni, gratis untuk semua pengembang untuk hadir," ungkap Apple.

"Berangkat dari kesuksesan acara virtual selama dua tahun terakhir, WWDC22 akan menampilkan inovasi terbaru di iOS, iPadOS, macOS, watchOS, dan tvOS, sambil memberi pengembang akses ke insinyur dan teknologi Apple untuk mempelajari cara membuat aplikasi inovatif dan pengalaman interaktif," tambahnya.

Melansir MacRumors, Rabu, 6 April, dibandingkan dengan dua tahun terakhir acara WWDC virtual, tahun ini Apple akan menawarkan lebih banyak sesi informasi, lab pembelajaran yang lebih mutakhir, lebih banyak ruang tunggu digital untuk terlibat dengan peserta, dan lebih banyak konten lokal untuk menjadikan WWDC 2022 acara yang benar-benar global.

“Pada intinya, WWDC selalu menjadi forum untuk menjalin koneksi dan membangun komunitas. Dalam semangat itu, WWDC22 mengundang pengembang dari seluruh dunia untuk berkumpul bersama untuk mengeksplorasi bagaimana mewujudkan ide-ide terbaik mereka dan mendorong amplop dari apa yang mungkin," kata wakil presiden Apple untuk Hubungan Pengembang Seluruh Dunia dan Pemasaran Perusahaan dan Pendidikan, Susan Prescott.

"Kami senang terhubung dengan pengembang kami, dan kami berharap semua peserta kami merasa bersemangat dengan pengalaman mereka," imbuhnya.

Selain konferensi online, Apple juga akan menyelenggarakan hari khusus bagi pengembang dan siswa di Apple Park pada 6 Juni untuk menonton video utama dan State of the Union, bersama dengan komunitas online.

Raksasa teknologi asal Cupertino, AS itu, juga akan mendukung siswa yang menyukai coding dengan Swift Student Challenge. Swift Playgrounds adalah aplikasi revolusioner untuk iPad dan Mac yang membuat pembelajaran bahasa pemrograman Swift menjadi interaktif dan menyenangkan.

Untuk tantangan tahun ini, siswa dari seluruh dunia diundang untuk membuat proyek aplikasi Swift Playgrounds dengan topik pilihan mereka. Mereka dapat mengirimkan karyanya hingga 25 April.

Nantinya, Apple diperkirakan akan mengadakan keynote online pada hari pertama WWDC untuk mengungkap perangkat lunak baru, termasuk iOS 16, iPadOS 16, macOS 13, tvOS 16, dan watchOS 9.

Menurut yang dilaporkan jurnalis Bloomberg, Mark Gurman sebelumnya, kemungkinan juga kita bisa melihat perangkat keras baru di WWDC, seperti Apple Mac Pro bertenaga Silicon yang diklaim akan meluncur pada Mei atau Juni tahun ini, dan versi baru MacBook Air.