Bagikan:

JAKARTA – Seorang peneliti keamanan menemukan bug baru di iPhone. Saat bug ini dipicu dengan tidak sengaja, atau bahkan sengaja, perangkat akan mengalami respring atau penyetelan ulang aplikasi Springboard.

Saat pengguna mengetikkan empat karakter keyboard yang terdiri dari dua tanda kutip dan dua tanda titik dua tanpa spasi, Springboard akan mogok dan tiba-tiba mengalami respring. Setelah itu, antarmuka iPhone akan crash dan kembali tampilan layar terkunci.

Perlu diingat bahwa respring tidak melakukan pengaturan ulang penuh. iPhone hanya berhenti berfungsi selama beberapa waktu, setelah itu pengguna bisa memakai perangkatnya lagi. Di beberapa kasus, bug ini akan menyebabkan black screen untuk sesaat.

Bug ini akan terpicu jika pengguna mengetikkan empat karakter tersebut di bilah pencarian yang ada di Pengaturan. Empat karakter ini juga memicu bug jika pengguna menggeser layar beranda ke kanan, lalu memasukkan karakter tersebut ke bilah pencarian di Pustaka Aplikasi.

Meski bug ini terlihat mengkhawatirkan, para peneliti iPhone mengatakan kepada TechCrunch bahwa bug ini tidak berasal dari masalah keamanan. Beberapa peneliti yang mengonfirmasi hal tersebut adalah Ryan Stortz dan Patrick Wardle. Keduanya merupakan peneliti iOS.

Masalah respring atau Springboard mogok ini sepertinya hanya terjadi di iPhone dengan iOS 17. Khusus untuk iOS 18, karakter ini akan membuat beberapa karakter menghilang atau aplikasi Setelan tidak bekerja dan tidak mau digunakan.

Apple belum memberikan tanggapan mengenai penemuan bug ini. Jika iOS 18 juga memiliki masalah pada penggunaan empat karakter ini, Apple mungkin harus meluncurkan perbaikan. Sejauh ini, belum ada masalah serius dari bug empat karakter ini.