Bagikan:

JAKARTA - Apple telah berhasil memblokir serangan Bluetooth yang dilakukan dengan menggunakan Flipper Zero yang mengirim serangkaian pop-up ke iPhone, menyebabkannya mengalami kunci dan crash. Meskipun Apple belum secara resmi mengumumkan perubahan tersebut, tampaknya perusahaan telah menerapkan perbaikan pada iOS 17.2, menurut uji coba dari ZDNET dan 9to5Mac.

Serangan ini, yang memungkinkan pengguna untuk membuat iPhone di sekitarnya yang menjalankan iOS 17.0 menjadi crash, melibatkan Flipper Zero, sebuah perangkat hacking serba bisa yang kecil. Firmware pihak ketiga bernama Flipper Xtreme menyertakan fitur yang memungkinkan radio Bluetooth bawaan Flipper untuk meledakkan jumlah alert Bluetooth yang sangat banyak ke perangkat.

Sebelumnya, satu-satunya cara untuk mencegah serangan tersebut adalah dengan sepenuhnya menonaktifkan Bluetooth pada iPhone, tetapi tampaknya Apple akhirnya mengatasi kerentanan tersebut.

Saat mencoba mengunci iPhone yang menjalankan iOS 17.2 dengan Flipper Zero, baik ZDNET maupun 9to5Mac menemukan bahwa hanya beberapa pop-up muncul di perangkat. Untungnya, jumlah notifikasi tersebut tidak cukup untuk menyebabkan perangkat mengalami crash.

Hingga kini belum diketahui secara  persis apa yang dilakukan Apple untuk melakukan perbaikan ini, tetapi The Verge telah menghubungi Apple dengan permintaan informasi lebih lanjut. Untuk saat ini, sebaiknya perbarui iPhone Anda ke iOS 17.2 jika belum melakukannya.