<i>Year in Search 2023</i>: Penelusuran Trending di Google Sepanjang Tahun 2023
Para penerima penghargaan Year in Search Google Indonesia 2023 (foto: Dinda Buana/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Google Indonesia kembali mengumumkan Year in Search 2023 yang membagikan berbagai momen dan tren sepanjang tahun 2023 berdasarkan penelusuran yang dilakukan masyarakat di Indonesia.

Sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya yang memiliki 9 kategori, tahun ini Google mengumumkan 8 kategori tren yang diumumkan, termasuk Mengapa, Apa, Siapa, Lirik Lagu, Resep, Film/Serial TV, Berita, Olahraga. 

"Year in Search melihat apa saja topik yang trending dan menarik perhatian masyarakat Indonesia sepanjang tahun ini. Dan hasil tahun ini menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia semakin kritis dan jeli dalam menelaah informasi, juga lebih bijak dalam menggunakan teknologi untuk mendapatkan manfaat maksimal," kata Feliciana Wienathan, Communication Manager, Google Indonesia dalam sambutannya.

Tahun ini, pencarian seputar “jadwal Piala Dunia U-17”, “Timnas Indonesia” dan “Apa itu KTT Asean” menjadi topik yang banyak diminati  masyarakat dalam upaya mendukung suksesnya beragam acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT). 

Selain itu, minat masyarakat terhadap teknologi juga meningkat, khususnya terkait Artificial Intelligence (AI), hal ini terlihat dari meningkatnya penelusuran seputar “AI” dan “Bard".

Meningkatnya kepedulian masyarakat Indonesia terhadap kesehatan juga selalu terlihat dari tahun ke tahun. Hal ini terbukti di mana pencarian tentang “Pound fit”, ”crossfit”, “matras apa yang cocok buat olahraga yoga” dan “apa itu ISPA” menjadi topik yang kerap dieksplor pengguna dalam mesin pencarian Google.

Dari sisi kuliner, konten mukbang seblak ala Rafael Tan rupanya banyak menggugah selera para penonton, sehingga kata kunci “resep seblak Rafael” menjadi salah satu topik penelusuran teratas. Selain itu, “Resep mochi bites”, “resep odeng” dan “resep puding lumut gula merah” juga menjadi kata kunci yang banyak dicari oleh pengguna. 

Tren lain yang tak kalah menarik adalah kian meningkatnya minat masyarakat terhadap hiburan dari para seniman lokal. Hal ini terlihat dari meningkatnya penelusuran terkait berbagai topik hiburan, seperti “Gadis Kretek”, “Petualangan Sherina” hingga “lirik mengenang bintang”.

Year in Search 2023 menggambarkan topik apa saja yang trending di Indonesia sepanjang tahun ini. Untuk melihat informasi lebih lanjut tentang Google Year In Search di Indonesia dan dunia dapat mengunjungi https://trends.google.com/trends/yis/2023/ID/.