Jadi Trending 2023, Masyarakat Indonesia Makin Melek dengan Teknologi AI
Feliciana Wienathan, Communication Manager, Google Indonesia (foto: Dinda Buana/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Melihat pesatnya perkembangan teknologi kecerdasan buatan (AI) saat ini, masyarakat di seluruh dunia termasuk Indonesia pun kini kian melek dalam mencari informasi tentang teknologi baru tersebut. 

Hal ini terbukti dari hasil penelusuran Google 2023 yang diungkapkan dalam Year in Search 2023, di mana penelusuran tentang ‘apa itu AI’ menjadi topik yang paling banyak dicari tahun ini. 

“Yang paling menarik (Year in Search 2023) adalah, pencarian interest tentang teknologi itu semakin meningkat. Nah, banyak banget yang mencari tahu artificial intelligence apa,” kata Feliciana Wienathan, Communication Manager, Google Indonesia kepada media pada Senin, 18 Desember. 

Tidak hanya itu, Feli juga mengungkapkan tidak hanya tentang AI saja, namun masyarakat Indonesia berusaha mencari tahu lebih mendalam tentang produk-produk dari AI itu sendiri. 

“Ketiga, yang paling menarik adalah enggak cuma konsep artificial intelligence itu apa? Tapi juga turunannya, Generative AI itu apa, Bard itu apa, dan ini beneran kita lihat dan kita pun sendiri juga kaget. Ternyata masyarakat banyak yang nyari Bard gitu di Indonesia,” tutur Feli lebih lanjut. 

Penelusuran tentang AI sendiri menjadi topik yang paling banyak dicari masyarakat Indonesia di Google, jika Anda lihat dari hasil Year in Search 2023

Jadi, Feli merasa cukup terkejut di mana di Indonesia sekarang masyarakat sudah lebih kritis tentang penggunaan teknologi kecerdasan artifisial itu sendiri.

"Jadi itu yang kita lihat juga salah satu yang berbeda  tidak hanya konsepnya, teknologinya, tapi juga yang menarik bagaimana memanfaatkan teknologi dengan bijak itu yang dicari juga, jadi ada keinginan untuk, apa ya bisa dibilang, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, tapi secara positif,” pungkasnya.