BTS, Amanda Manopo, hingga <i>Squid Game</i>, Ini Daftar Pencarian Hiburan Teratas di Google Sepanjang 2021
Amanda Manopo (Foto: IG @amandamanopo)

Bagikan:

JAKARTA - Google Indonesia pada Rabu mengumumkan Year in Search 2021 yang menampilkan kompilasi tren penelusuran yang dilakukan masyarakat Indonesia sepanjang tahun 2021, mulai dari topik BTS Meal, Piala Euro hingga Peduli Lindungi.

"Year in Search atau trending search adalah topik peningkatan paling tinggi dalam periode berkelanjutan sepanjang tahun dibandingkan tahun sebelumnya. Jadi, ini bukan hanya satu spike (lalu) kami ambil, tapi ini harus trending sepanjang tahun,” kata Communication Manager Consumer Products Google Indonesia Feliciana Wienathan dikutip dari ANTARA, Rabu, 8 Desember.

Pada tahun ini, Google membagi 9 kategori untuk merangkum tren penelusuran, mencakup daftar utama tren penelusuran secara keseluruhan (overall trends). Dari ranah hiburan ada kategori Lagu, Resep dan Film.

Menurut Feliciana, Year in Search 2021 menggambarkan wajah masyarakat Indonesia yang memiliki minat yang sangat beragam dan bervariasi. Sebagai contoh, menu yang diluncurkan McDonalds dengan menggandeng BTS Meal pada tahun ini sangat ramai dibicarakan warganet, bukan hanya mengenai produknya saja melainkan juga bentuk kreativitas lain yang unik.

“BTS Meal ini bervariasi banget. Tidak hanya dari makanan ketika diluncurkan, tapi juga ketika announcement-nya dan variasi makanan yang dijadikan apapun atau bahkan bungkusnya juga dijadikan sesuatu hal yang kreatif sehingga ramai dibicarakan oleh netizen Indonesia,” ujar Feliciana.

Amanda Manopo di bidang Seni Pertunjukan menjadi salah satu nama yang paling banyak dicari. Berikutnya film Ali & Ratu-Ratu Queens dan serial Squid Game yang menjadi pencarian trending 2021.

Dalam kategori musik, deretan lagu yang dibawakan musisi lokal seperti “Widodari” oleh Denny Caknan dan Guyon Waton, “C.H.R.I.S.Y.E” oleh Diskoria dan Eva Celia, hingga lagu musisi mancanegara seperti “Butter” dari BTS juga mewarnai penelusuran paling tren di Google Indonesia.