Apple Akan Ubah iPhone-nya Jadi Perangkat yang  Bisa Lakukan Transaksi 
Apple mengubah iPhone-nya menjadi perangkat yang dapat melakukan transaksi kartu debit atau kredit. (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Apple dikabarkan akan mengubah iPhone-nya menjadi perangkat yang dapat melakukan transaksi kartu debit atau kredit tanpa memerlukan perangkat keras tambahan. Perubahan ini akan berlaku pada pembaruan iOS 15.4. 

Teknologi ini akan dikerjakan oleh startup asal Canada, Mobeewave yang sebelumnya pada 2020 diakuisisi oleh Apple. Peusahaan tersebut datang untuk menciptakan aset yang memungkinkan smartphone untuk memroses pembayaran kartu kredit melalui chip built-in alias NFC, seperti yang digunakan Apple Pay di semua iPhone modern. 

Mobeewave juga diketahui bekerja dengan Samsung untuk menghadirkan fungsionalitas penerimaan pembayaran yang serupa ke smartphone seri Galaxy sebelum diakuisisi. 

Teknologi Mobeewave akan memudahkan pelanggan untuk bertransaksi dengan cukup mengetuk kartu debit atau kredit mereka yang mendukung chip, atau bahkan smartphone berkemampuan NFC lainnya, ke bagian belakang iPhone untuk memulai pemrosesan pembayaran. 

Sebelumnya, bisnis yang ingin memroses kartu kredit fisik melalui iPhone atau iPad harus bergantung pada perangkat eksternal, biasanya terpasang pada model iOS mereka atau terhubung melalui Bluetooth. 

 

Melansir ZDNet, Jumat, 28 Januari, jika kabar Apple ini terbukti benar, maka kebutuhan akan perangkat keras semacam itu bisa segera hilang. Ini akan membuat perusahaan seperti yang membuat perangkat keras dan platform yang mendukung transaksi kartu kredit iOS hingga saat ini, berada dalam posisi terancam. 

Karena iPhone saat ini sudah memiliki teknologi NFC, ini bukan fitur yang akan dikaitkan dengan pembaruan perangkat keras. 

Menurut Bloomberg, versi dari penawaran pembayaran baru diharapkan dikirimkan dengan beta pertama dari pembaruan iOS 15.4 Apple dalam beberapa bulan mendatang. Kemungkinan bertepatan dengan debut Apple yang dikabarkan, seperti iPhone SE yang diperbarui, Mac baru, atau iPad yang diperbarui.