MIUI 13 Resmi Meluncur, Fitur Apa Saja yang Dibawa?
Xiaomi secara resmi mengumumkan MIUI 13 yang akan dirilis pada kuartal pertama tahun ini. (foto: dok. xiaomi)

Bagikan:

JAKARTA - Menjelang akhir tahun lalu, Xiaomi secara resmi mengumumkan MIUI 13 yang akan dirilis pada kuartal pertama tahun ini (Q1). Sekarang, bersamaan dengan peluncuran global ponsel seri Redmi Note 11, perusahaan juga meluncurkan antarmuka pengguna kustom terbaru itu untuk pasar global.

Perusahaan mengumumkan tahap pertama perangkat mana saja yang akan mendapatkan pembaruan pada kuartal ini, dan ia juga menyatakan bahwa jadwal rilis kapan perangkat lain akan mendapatkan pembaruan MIUI 13 akan dipublikasikan di situs web MIUI secara bertahap.

Xiaomi memberi peringatan pada daftar perangkat yang didukung itu tidak termasuk perangkat khusus di India. Beberapa perangkat khusus India mungkin mendapatkan pembaruan tetapi pemiliknya harus mengawasi situs resmi Xiaomi India untuk informasi lebih lanjut.

Selain itu, perangkat yang didukung dalam daftar di atas akan mendapatkan pembaruan pada waktu yang berbeda berdasarkan wilayah.

Melansir Gizmochina, Kamis, 27 Januari, apa saja yang terbaru dari antarmuka pengguna Xiaomi itu? MIUI 13 hadir dengan font MiSans baru yang merupakan bagian dari Dynamic Font System 2.0. Mirip dengan iOS 14, yang satu ini hadir dengan dukungan widget dinamis, fitur yang diuji perusahaan sejak Agustus 2021.

MIUI 13 juga membawa Liquid Storage yang akan mengurangi fragmentasi dan secara aktif mengelola data yang disimpan bersama dengan meningkatkan efisiensi defragmentasi hingga 60 persen.

Ada pula Atomized Memory yang menghadirkan efisiensi RAM. Ini juga memiliki Focused Algorithms untuk mengalokasikan sumber daya sistem secara dinamis berdasarkan skenario penggunaan yang membantu membuat antarmuka lancar dan responsif, memprioritaskan aplikasi aktif, serta memungkinkan CPU untuk fokus pada tugas-tugas penting.

Fitur Smart Balance juga turut dibawa Xiaomi dalam MIUI 13, untuk secara otomatis menemukan keseimbangan antara kinerja dan konsumsi daya. Hal ini diklaim dapat memperpanjang masa pakai baterai hingga 10 persen. Dengan MIUI 13, Xiaomi juga lebih fokus pada privasi pengguna.

Berikut daftar ponsel dari Xiaomi yang akan menerima pembaruan MIUI 13 baru pada kuartal pertama tahun ini:

Mi 11 Ultra

Mi 11

Mi 11i

Mi 11 Lite 5G

Mi 11 Lite

Xiaomi 11T Pro

Xiaomi 11T

Xiaomi 11 Lite 5G NE

Xiaomi 11 Lite NE

Redmi Note 11 Pro 5G

Redmi Note 11 Pro

Redmi Note 11S

Redmi Note 11

Redmi Note 10 Pro

Redmi Note 10

Redmi Note 10 Pro Max

Redmi Note 10 JE

Redmi Catatan 8 ( 2021)

Redmi 10

Xiaomi Pad 5

Redmi 10 Prime

Mi 11X

Mi 11X Pro