Akhirnya Xiaomi Bakal Hadirkan MIUI Pada 16 Desember, Apa yang Baru?
Xiaomi kini sedang mempersiapkan pengembangan MIUI 13 . (foto: dok. Gizchina)

Bagikan:

JAKARTA - Xiaomi kini sedang mempersiapkan pengembangan MIUI 13 dengan status yang berjalan lancar, karena sejumlah model ponsel kelas atas baru-baru ini telah menerima uji coba build internal di saluran beta stabil.

Sementara OEM lain seperti Samsung, OPPO dan OnePlus telah meluncurkan skin perangkat lunak mereka untuk Android 12, Xiaomi agak terlambat dalam hal ini, sebab masih belum ada tanda-tanda peningkatan besar hampir dua bulan setelah Android 12 mencapai stabil. Tetapi itu tampaknya akan segera berubah.

Dilaporkan Xiaomi, MIUI 13 mungkin akan diluncurkan pada 16 Desember di China dalam sebuah acara. Ini akan menjadi gelaran yang cukup besar dan juga diharapkan perusahaan akan mengumumkan ponsel unggulan Xiaomi 12 berikutnya. Namun, acara berdurasi empat jam masih terlalu lama untuk hanya memamerkan dua produk.

Dilaporkan dari Gizmochina, Jumat, 26 November, MIUI 13 disebut-sebut sebagai peningkatan besar atas MIUI 12.5, membawa berbagai peningkatan dan perubahan UI. Menghadirkan pengalaman yang berbeda untuk pengguna.

Setidaknya saat ini sembilan perangkat diketahui telah menerima build uji internal, yaitu keseluruhan seri Mi 11, Mi 11 Lite 5G, Mi 10S, MIX 4, dan Redmi K40/K40 Pro/K40 Pro+. Perangkat tersebut kemungkinan akan menerima MIUI 13 berbasis Android 12 stabil tetapi beberapa lainnya bahkan akan menerima MIUI 13 berbasis Android 11.

Sayangnya, tak banyak yang mendapatkan menyoal fitur yang datang, hampir tidak ada yang bocor sama sekali. Xiaomi agak bungkam tentang itu semua. Tetapi ada beberapa petunjuk di mana perusahaan akan merubah ekspansi RAM virtual, floating widget, manajemen notifikasi baru, animasi yang lebih mulus, always-on display baru, memperbarui aplikasi File Manager dan Tema yang dirancang ulang. MIUI 13 juga diharapkan membawa wallpaper serta ikon baru.