Daftar Ponsel Xiaomi yang Dapat Jatah Pembaruan MIUI 12.5
MIUI 12.5 (GIzmochina)

Bagikan:

JAKARTA - Bulan Desember lalu, Xiaomi memperkenalkan MIUI 12.5, penerus MIUI 12. Kala itu, perusahaan mengklaim firmware ini lebih ringan, kencang, dan efisien dibandingkan versi sebelumnya. Pembaruan MIUI 12.5 nantinya juga bakal membawa paket peningkatan dengan konsumsi memori yang lebih sedikit.

Saat diluncurkan, Xiaomi mengungkap bahwa ada beberapa seri yang termasuk dalam gelombang pertama pembaruan. Kini, Xiaomi sudah resmi meluncurkan daftar perangkat yang bisa upgrade menjadi MIUI 12.5.

Daftar tersebut berisi ponsel dari berbagai kelas. Mulai dari perangkat flagship, kelas menengah, serta beberapa produk milik brand Redmi.

Daftar perangkat yang dapat pembaruan MIUI 12.5 (Gizmochina)

Perangkat yang berhak mendapatkan pembaruan MIUI 12,5 antara lain Xiaomi Mi 11, Mi 10, Mi 10 Pro, Mi 10 Extreme edisi peringatan, Mi 10 Edisi Youth, Mi 9, Mi 9 Pro, Mi 9 edisi transparan eksklusif, Mi 9SE, Mi CC9 Pro, Mi CC9, Mi CC9e, serta Mi CC9 edisi kustom Meitu.

Sedangkan untuk perangkat Redmi yang bakal mendapat pembaruan antara lain Redmi 10X, Redmi 10X Pro, Rdemi K30, Redmi K30 5G, Redmi K30i 5G, Redmi K30 Pro, Redmi K30S Extreme edisi peringatan, Redmi K30 Extreme edisi peringatan, Redmi K20, Redmi K20 Pro, Redmi Note 9, Redmi Note 9 Pro, Redmi Note 8, Redmi Note 7, dan Redmi Note 7 Pro.

Seperti sudah diduga banyak pihak, pembaruan ini bakal lebih mementingkan model smartphone Xiaomi yang hanya diluncurkan di China. Tapi, perusahaan menjanjikan jika bakal menghadirkan MIUI 12.5 Beta untuk produk global. Sayangnya, belum ada keterangan terkait jadwal pembaruan.

BACA JUGA:


Fitur Anyar MIUI 12.5

Saat Xiaomi memperkenalkan MIUI 12.5, perusahaan mengklaim  firmware lapisan antar muka ini memilki “MIUI Light Cone Motion Effect Architecture” yang lebih baik ketimbang MIUI 12. Termasuk di antaranya utas khusus untuk navigasi gestur, peningkatan waktu respon, hingga animasi UI yang sudah ditingkatkan.

Lebih lengkap, fitur anyar MIUI 12.5 antara lain.

Fitur MIUI 12.5 (TMIUI 12.5)

1. Suara Notifikasi dari Alam dan Hewan Liar

MIUI 12.5 dibekali beragam suara notifikasi yang sudah diperbarui dari suara hewan liar. Suara hewan tersebut berasal dari empat habitat besar: antara lain Hutan Hujan Amerika Selatan, Lingkaran Arktik, Australia, dan Padang Rumput Afrika Timur.

Mendapat bantuan dari British Library, Zoologist, dan seniman dari seluruh dunia, membuat Xiaomi mampu merekam suara dari sekitar 120 makhluk hidup. Sementara untuk suara sistem, firmware antarmuka terbaru ini memiliki suara dengan elemen alam. Contohnya Pasir, Kayu, atau Air yang dipukul.

Semua suara tersebut dirancang agar optimal pada efek stereo dan dual-speaker. Sehingga terdengar nyaman di telinga pengguna Xiaomi.

2. Privasi dan Keamanan

Dalam hal privasi dan  keamanan, Xiaomi menghadirkan beberapa mekanisme baru pada MIUI 12.5. Antara lain perlindungan clipboard, mekanisme sandbox pada penyimpanan file, fuzzy positioning untuk fitur lokasi, serta browser.

Clipboard Protection nantinya bakal menyimpan log aplikasi lalu memberi tahu pengguna siapa saja yang berlebihan dalam membaca konten yang disalin. Fuzzy Positioning adalah fitur anyar Xiaomi yang berfungsi menyamarkan lokasi perangkat hingga beberapa meter.

3. MIUI+

Xiaomi menghadirkan fitur baru yang disebut MIUI+ (Beta). Fitur ini berfungsi untuk menghubungkan smartphone dengan laptop atau komputer. Dengan begitu, pengguna bisa lebih mudah mengoperasikan smartpone lewat laptop.

Fitur-fitur pada smartphone yang bisa dijalankan lewat komputer atau laptop meliputi melihat jendela pemberitahuan atau telepon, menyalin atau menempelkan teks, menjalankan aplikasi, membuka situs, hingga menyimpan tangkapan layar pada smartphone.