Cara Mudah Menghapus Akun Telegram Secara Permanen Menggunakan Ponsel
Cara Mudah Menghapus Akun Telegram Secara Permanen Menggunakan Smartphone (Digiitallife)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Telegram merupakan aplikasi pesan instan yang banyak digunakan untuk bertukar informasi. Beragam fitur dapat digunakan oleh penggunanya supaya lebih mudah melakukan altivitas.

Namun, tidak jarang pengguna Telegram memilih untuk tidak menggunakan aplikasi tersebut karena berbagai alasan. Salah satunya adalah teman-teman Anda lebih memilih menggunakan aplikasi pesan instan lainnya, sehingga Anda hanya bisa menggunakannya secara terbatas.

Oleh karena itu, jika Anda sudah tidak menggunakan aplikasi Telegram lagi, sebaiknya akun yang Anda miliki dihapus secara permanen. Hal itu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti akun Anda diretas oleh orang tidak bertanggungjawab.

Sebelum menghapus akun, pastikan data penting yang tersimpan di dalamnya sudah dipindahkan terlebih dahulu. Pasalnya, jika Anda sudah menghapus akun secara permanen, semua data juga ikut terhapus dan tidak bisa diakses lagi.

Jika Anda sudah melakukannya tetapi belum berhasil, pengguna dapat mengikuti langkah-langkah yang telah disusun oleh tim VOI untuk menghapus akun Telegram secara permanen menggunakan ponsel.

Cara Hapus Akun Telegram Secara Permanen

Untuk menghapus akun Telegram secara permanen menggunakan smartphone, pengguna dapat membuka aplikasi Telegram yang sudah terpasang di perangkat Anda dan masuk menggunakan akun milik Anda.

Setelah itu, masuk ke menu Setting atau Pengaturan. Jika Anda menggunakan iOS, posisinya berada di pojok kanan bawah, sementara itu, jika Anda menggunakan smartphone Android klik ikon tiga garis di pojok kiri atas.

Setelah membuka menu Setting atau Pengaturan, pengguna dapat memilih menu Privacy and Security. Untuk melanjutkan proses gulir ke bawah hingga Anda menemukan menu Automatically Delete My Account.

Selanjutnya, pengguna dapat mengatur waktu penghapusan akun otomatis dengan klik menu If Away For, untuk membuat akun secara otomatis terhapus setelah rentang waktu yang ditetapkan.

Setelah itu, pilih rentang waktu yang Anda inginkan. Pengguna dapat memilih waktu 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, dan 1 tahun setelah pengaturan tersebut ditetapkan.

Selanjutnya, menetapkan waktu tersebut, maka akun Telegram Anda akan terhapus secara otomatis sesuai dengan waktu yang ditentukan. Hal tersebut pun tetap terjadi apabila Anda sudah menguninstall aplikasi Telegram di perangkat Anda.

Untuk saat ini, belum ada cara untuk menghapus akun Telegram secara langsung. Oleh karenanya, menjadwalkan waktu penghapusan selama 1 bulan merupakan cara paling cepat untuk menghapus akun Instagram.

Seperti dijelaskan sebelumnya, pastikan Anda sudah memindahkan data-data penting di dalam akun Anda. Pengguna pun dapat menggunakan waktu jeda selama 1 bulan untuk melakukan pengecekan apakah ada data penting di aplikasi Telegram sebelum akun Anda terhapus secara permanen.