Cara Mengembalikan Akun WhatsApp yang Diretas Menggunakan Pusat Bantuan
Cara Mengembalikan Akun WhatsApp yang Diretas Menggunakan Pusat Bantuan (faq.whatsapp)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Peretasan akun dapat dialami oleh semua orang, salah satunya adalah akun WhatsApp, yang belakangan kerap terjadi. Meskipun aplikasi pesan instan tersebut telah dilengkapi dengan sistem terenkripsi end-to-end dan verifikasi dua langkah.

Namun, hal itu tidak dapat menjamin akun WhatsApp Anda sepenuhnya aman, karena peretas bisa saja menyusup ke akun Anda dan mengekstrak data pribadi yang dapat digunakan untuk melakukan verifikasi dan meretas akun Anda.

Oleh karena itu, sebisa mungkin pengguna sebisa mungkin berhati-hati saat menerima notifikasi yang mencurigakan. Pasalnya, hal tersebut bisa menjadi salah satu trik yang digunakan oleh peretas untuk meretas akun yang ada di ponsel Anda seperti WhatsApp.

Namun, jika akun WhatsApp Anda sudah terlanjur diretas, pengguna jangan panik. Anda dapat mengembalikan akun WhatsApp Anda dan memulihkan data pribadi Anda dengan melaporkannya ke pusat bantuan.

Jika Anda belum mengetahui cara untuk melakukan laporan ke pusat bantuan WhatsApp, pengguna dapat mengikuti langkah-langkah yang telah disusun oleh tim VOI di bawah ini untuk mengembalikan akun Anda.

Lapor Masalah Peretasan Akun ke Pusat Bantuan WhatsApp

Salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk mengembalikan akun WhatsApp adalah membuat melapor peretasan ke pusat bantuan. Untuk melakukannya, pengguna dapat mengirim laporan melalui surel ke alamat [email protected]

Pada kolom subjek email tulis bahwa akun Anda diretas. Misalnya Anda dapat menulis "My WhatsApp account got Hacked", dan semacamnya.

Dalam laporan yang Anda buat, tuliskan kronologi akun WhatsApp Anda diretas, dengan disertai bukti screenshot, atau tangkapan layar aktivitas yang mencurigakan dari akun Anda, dan masalah yang Anda alami dalam beberapa waktu.

Selain itu, cantumkan nomor telepon yang Anda daftarkan untuk membuat akun WhatsApp supaya pihak WhatsApp dapat mengetahui akun Anda dan masalah yang Anda alami.

Setelah Anda membuat laporan dan mengirimkannya, pihak WhatsApp akan menonaktifkan sementara akun Anda setelah mereka menerima laporan Anda.

Pihak WhatsApp akan melakukan pemeriksaan masalah, dan segera memberitahu Anda jika sudah mengetahui masalah yang Anda alami. Anda akan diberitahu apakah akun Anda diretas atau mengalami masalah lain.

Selain membuat laporan ke pusat bantuan WhatsApp, pengguna juga dapat mengembalikan akun yang diretas dengan menginstall ulang aplikasi WhatsApp di ponsel Anda.

Pengguna hanya perlu melakukan uninstall aplikasi WhatsApp di ponsel kemudian mengunduhnya lagi. Saat Anda login menggunakan akun Anda dan memasukkan kode OTP ke nomor Anda, maka secara otomatis akun yang tertaut ke perangkat lain akan keluar atau log out.

Namun, cara tersebut membuat peretas masih bisa meretas akun WhatsApp Anda lagi. Oleh karena itu, sebaiknya pengguna melaporkannya ke pusat bantuan WhatsApp supaya lebih aman.