Cara Mudah Copy Paste Artikel dari Website yang Diproteksi Menggunakan Smartphone
Cara Mudah Copy Paste Artikel dari Website yang Diproteksi Menggunakan Smartphone (The Mac Observer)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Menyalin tulisan dari website tertentu untuk digunakan untuk tugas atau hal lainnya, menjadi aktivitas yang sering dilakukan oleh banyak orang.

Namun, pernahkah Anda mengalami kesulitan saat mencoba menyalin teks dari sebuah situs atau website. Biasanya, website tersebut menggunakan proteksi yang supaya konten mereka tidak dapat disalin atau copy paste.

Hal itu pun membuat pengguna internet tidak dapat menyalin teks tersebut. Jika ingin menggunakan teks yang sama, maka pengguna harus menulis ulang menggunakan perangkat Anda.

Tapi, sebenarnya terdapat cara yang dapat Anda lakukan untuk menyalin teks artikel di situs yang diproteksi. Pengguna pun dapat melakukannya dengan mudah menggunakan perangkat ponsel.

Sebagai catatan, jika Anda menyalin teks dari website atau tempat lain, maka harus mencantumkan sumber teks tersebut. Hal tersebut perlu dilakukan supaya tidak merugikan orang lain.

Jika Anda ingin menyalin teks dari website yang diproteksi, tim VOI telah menyiapkan langkah-langkah yang dapat Anda lakukan di bawah ini supaya Anda dapat menyalinnya untuk tugas, atau hal lainnya.

Cara Menyalin Teks dari Website yang Diproteksi

Untuk menyalin teks dari website yang diproteksi menggunakan ponsel, langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah mengunduh aplikasi Copy Text on Screen di Google Play Store atau Apps Store.

Selanjutnya, buka aplikasi tersebut dan beri izin akses Copy Text on Screen, kemudian buka artikel di website yang ingin Anda salin tetapi diproteksi.

Tangkap layar gambar artikel teks tersebut, atau Screenshot. Sebagai catatan setiap jenis ponsel memiliki cara yang berbeda untuk mengambil tangkapan layar.

Selanjutnya, masuk kembali ke aplikasi Copy Text on Screen dan klik ikon Picture, yang berada di pojok kanan bawah, kemudian tambahkan foto screenshot sebelumnya.

Secara default, aplikasi tersebut diatur untuk menyalin teks bahasa Inggris. Jika Anda ingin menyalin teks dalam bahasa Indonesia, klik kolom pengaturan bahasa Inggris dan ubah menjadi Indonesia.

Jika sudah, Anda dapat klik ikon ceklis di sebelah kanan untuk melanjutkan proses. Tunggu aplikasi melakukan pemindaian teks selama beberapa saat hingga teks muncul dan bisa Anda salin, kemudian pindah ke notepad, Microsof Word, atau aplikasi penulisan dokumen lainnya.

Dengan demikian, teks artikel dari website yang diproteksi dapat Anda salin dan gunakan untuk kebutuhan tugas atau lainnya. Namun, pastikan Anda mencantumkan sumber teks tersebut supaya tidak merugikan orang lain.

Itu tadi cara menyalin teks dari website yang diproteksi yang dapat Anda lakukan. Jika ingin menggunakannya, pengguna dapat mengikuti langkah-langkah di atas.