Apple Rilis iOS 16.1, Ini Empat Fitur Baru yang Tingkatkan Pengalaman Pengguna iPhone
Apple merilis iOS 16.1 dengan kemampuan baru. (foto: dok. apple)

Bagikan:

JAKARTA - Apple pada 25 Oktober merilis iOS 16.1 tetapi bukan sekadar perbaikan bug atau masalah lainnya, melainkan pembaruan besar dan beberapa fitur baru yang membantu aktivitas pengguna iPhone.

Diluncurkan bersamaan dengan iPadOS 16 dan MacOS Ventura, berikut beberapa fitur iOS 16.1 yang paling berguna untuk pengguna iPhone.

Fitur Live Activities untuk Pihak Ketiga

Live Activities merupakan notifikasi interaktif yang selalu diperbarui di layar kunci. Di mana pengguna dapat menerima informasi secara real time tentang acara tertentu. Seperti pengiriman pesanan dari aplikasi pihak ketiga, dan skor olahraga.

Fitur ini tidak terbatas pada Lock Screen jika pengguna memiliki iPhone 14 Pro atau iPhone 14 Pro Max. Di ponsel tersebut, Live Activities akan bergabung dengan peringatan dan pemberitahuan lain di Dynamic Island.

Dukungan Jangkauan untuk Dynamic Island di iPhone 14 Pro

Dynamic Island adalah salah satu trik pemasaran iPhone 14 Pro terbaik. Di iOS 16.1 akan mempermudah akses ke Dynamic Island dengan satu tangan. Pengguna dapat mengaktifkan fitur dalam Pengaturan.

iOS 16.1 memberikan dukungan Reachability ke Dynamic Island pada model iPhone Pro. Artinya, pengguna dapat mengetuk Dynamic Island ketika menggunakan perangkat hanya dengan satu tangan.

Tetapi pengguna harus mengaktifkan Reachability dari pengaturan Accessibility ponsel terlebih dahulu.

Apple Fitness Plus

Setelah iOS 16.1 tiba, Apple Fitness Plus sekarang akan tersedia untuk iPhone bahkan tanpa Apple Watch. Selama berolahraga, pengguna tanpa Apple Watch tidak akan dapat melihat metrik waktu nyata, seperti detak jantung dan kalori yang terbakar.

Sebagai gantinya, mereka akan melihat perkiraan kalori yang terbakar (berdasarkan informasi yang disediakan di aplikasi Fitness).

Siapa pun yang menjalankan iOS 16.1 di salah satu dari 21 negara tempat layanan berlangganan kebugaran Apple ditawarkan akan dapat mengakses semua Apple Fitness Plus yang menampilkan lebih dari 3.000 latihan dan meditasi bergaya studio.

Pengisian Energi Bersih untuk iPhone

Pengisian Energi Bersih adalah opsi pengisian baterai baru yang datang ke pengguna iPhone pada minggu ini. Fitur tersebut hanya perlu diaktifkan sekali.

Menurut catatan iOS 16.1 Apple, ini adalah pengaturan baru yang dapat mencoba mengurangi jejak karbon dengan mengisi daya secara selektif ketika listrik dengan emisi karbon lebih rendah tersedia. Fitur tersebut di bagian Kesehatan & Pengisian Baterai pada menu Pengaturan Baterai.

Fitur di iOS 16.1 Lainnya

Fitur lainnya yang diluncurkan Apple pada sistem operasi terbaru itu juga mencakup dukungan iCloud Shared Photo Library, dukungan Matter di app Home, percakapan yang dihapus mungkin muncul di daftar percakapan di Messages dan akun tabungan Apple Card.